Politisi PAN, Hanafi Rais/Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
Politisi PAN, Hanafi Rais/Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id

Surat Pengunduran Diri Hanafi Rais Belum Sampai ke PAN

Nasional partai amanat nasional
Anggi Tondi Martaon • 05 Mei 2020 12:12
Jakarta: Kabar mundurnya Hanafi Rais dari Partai Amanat Nasional (PAN) maupun sebagai anggota DPR ramai diperbincangkan. Surat bermaterai yang dibubuhi tanda tangan putra politikus senior PAN Amien Rais itu beredar di dunia maya.
 
Namun, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mulyadi memastikan informasi resmi mundurnya Hanafi belum masuk ke partai."Tidak ada surat pengunduran diri Mas Hanafi yang masuk ke Sekretariat DPP PAN, sebagaimana yang diberitakan media," kata Viva kepada Medcom.id, Selasa, 5 Mei 2020.
 
Ia juga tak bisa memastikan informasi yang beredar termasuk hoaks atau bukan. Viva belum bisa memberi banyak pernyataan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Ketua DPW PAN Sulawesi Barat, Muhammad Asri Anas, membenarkan informasi tersebut. Dia mengaku mengonfirmasi langsung kabar tersebut ke Hanafi.
 
"Saya sudah konfirmasi sama Hanafi. Benar beliu mundur seperti di surat," kata Asri Anas.
 
Sebelumnya, foto surat pengunduran diri Hanafi Rais beredar di kalangan media. Hanafi tidak menjelaskan rinci alasan pengunduran dirinya.
 
"Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024," tulis Hanafi dalam surat tertanggal 5 Mei 2020 itu.
 
Baca:Tidak Ada Nama Amien Rais di Kepengurusan PAN Baru
 
Hanafi menuliskan harapan PAN bisa menegakkan prinsip keadilan, menjaga keutuhan sesama kader. Terlebih, partai lambang matahari terbit itu baru saja melewati kongres yang sarat kekerasan pada Februari 2020.
 
"Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang terjadi," tulis dia.
 
Dia menilai PAN melewati momentum memperbaiki diri agar lebih bijaksana dan bersikap. Pengurus saat ini disebut cenderung melakukan konformitas terhadap kekuasaan.
 
"Sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN jadi antitesis pemegang kekuasaan," sebut dia.
 
Di penghujung surat tersebut, Hanafi mengucapkan permintaan maaf atas segala kekurangannya. "Semoga Allah mengampuni segala kesalahan saya dan kita semua," ujar dia.
 
Surat tersebut ditandatangani oleh Hanafi di atas materai Rp6000. Medcom.idsudah berusaha mengonfirmasi langsung kebenaran kabar itu kepada Hanafi melalui via pesan singkat dan telepon. Namun, hingga saat ini belum ada respons dari yang bersangkutan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif