Alasan Jokowi Pilih Laksdya Siwi Jadi KSAL
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas mengenai terorisme di Kantor Presiden, Jakarta. Foto: Antara/Wahyu Putro A.
Jakarta: Presiden Joko Widodo memilih Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya (Laksdya) Siwi Sukma Adji menjadi kepala staf Angkatan Laut (KSAL) baru. Jokowi disebut punya pertimbangan tersendiri dalam menunjuk Laksdya Siwi.

"Laksdya Siwi Sukma mempunyai kapasitas," kata Johan Budi, juru bicara presiden, kepada Medcom.id, Rabu, 23 Mei 2018.

Dari pengalaman yang dimilikinya, Laksdya Siwi diyakini cakap untuk memegang tongkat komando tertinggi TNI AL. Kemampuannya pun dipastikan tak dapat diragukan.


"(Laksdya Siwi) mumpuni sebagai KSAL menggantikan Pak (Laksamana) Ade Supandi yang memasuki masa purnatugas," ungkap Johan.

Menurut Johan, Laksdya Siwi akan dikukuhkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pukul 11.00 WIB. Dia akan membacakan sumpah jabatan di depan Presiden.

Baca: Laksdya Siwi Dilantik Jadi KSAL Siang Ini

Informasi yang dihimpun, Laksdya Siwi memiliki pengalaman panjang di TNI AL. Dia adalah alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan ke-30 yang lulus pada 1985. 

Laksdya Siwi sempat menjabat sebagai perwira bahari di KRI OWA-354 di awal kariernya. Posisi komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pontianak juga pernah diembannya.

Pada Juli 2016, dia menduduki posisi panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (pangkoarmabar). Lalu, dia menjadi asisten perencanaan umum (asrenum) Panglima TNI sebelum akhirnya menjabat danjen Akademi TNI.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id