Presiden Joko Widodo (kemeja putih) saat berbincang dengan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo (kemeja putih) saat berbincang dengan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Presiden Jamin Jaksa Agung Bekerja Profesional

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf jaksa agung
Damar Iradat • 24 Oktober 2019 19:16
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan Jaksa Agung ST Burhanuddin bakal bekerja secara profesional. Dia mengaku sudah berbicara banyak dengan Burhanuddin sebelum dipilih menjadi jaksa agung.
 
"Dia menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses perbaikan di internal dan juga yang berkaitan dengan pencegahan-pencegahan korupsi. Saya kira Itu yang (membuat) saya sangat tertarik," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Menurut Jokowi, posisi jaksa agung memang butuh diisi orang dari internal. Sehingga, jaksa agung dapat memahami apa yang terjadi di internal Kejaksaan Agung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sempat banyak yang menyayangkan Jokowi mengangkat Burhanuddin sebagai jaksa agung. Pasalnya, Burhanuddin merupakan adik dari politikus PDI Perjuangan TB Hasanuddin. Namun, Jokowi menilai hal tersebut tak perlu dipersoalkan.
 
"Saya menjamin Pak Jaksa Agung profesional dalam menjalankan tugasnya dalam penegakan," ucap dia.
 
Burhanuddin sebelumnya membantah penunjukannya sebagai jaksa agung karena terafiliasi dengan PDI Perjuangan. Dia memastikan berasal dari kalangan profesional.
 
"Enggak ada (titipan PDIP), saya diambil profesional, sama sekali tidak," kata Burhanuddin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Dia menegaskan bukan bagian partai berlambang banteng itu. Dia juga mengaku tak memiliki kartu anggota dari partai manapun.
 
"Tidak sama sekali. Apalagi KTA, kantornya saja tidak tahu," ujarnya.
 


 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif