NEWSTICKER
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Willy Aditya. Medcom.id/ Arga S
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Willy Aditya. Medcom.id/ Arga S

NasDem Harap Indonesia Jadi Penengah Konflik Iran-AS

Nasional as-iran
Intan Yunelia • 11 Januari 2020 00:41
Jakarta:Ketua DPP Partai NasDem bidang Media dan Komunikasi PolitikWilly Aditya mengatakan konflik antara Iran dan Amerika Serikat (AS) harus segera diakhiri karena mengancam perdamaian dunia.
 
Ia berpendapat, sebagai negara muslim yang moderat, Indonesia bisa menjadi penengah konflik kedua negara. Apalagi dengan penduduk muslim terbesar, Indonesia cukup disegani dunia. Maka dari itu ia memandang Indonesia bisa memainkan peran perdamaian dalam politik internasional.
 
"Kalau kita perhatikan bagaimana Trump akhirnya mau menyepakati perdamaian dalam konflik dengan Tiongkok secara tiba-tiba beberapa hari lalu, sebenarnya itu adalah sinyal bagi Indonesia untuk ambil sikap. Apalagi kita tahu pernyataan Trump bahwa dia melegalisasi serangan terhadap Soleimani itu tanpa persetujuan DPR," kata Willy di keterangan tertulisnya, Sabtu, 11 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan kebijakan Trump tidak terlepas dari politik dalam negeri AS. Pasalnya, situasi di internal AS menjadi makin dinamis pascaserangan yang menyasar jenderal besar Iran itu. Apalagi saat ini kongres di AS masih terbelah dalam pengajuan pemakzulan dari kubu Partai Demokrat.
 
"DPR bisa berperan lewat Inter-Parliamentary Union untuk melobi negara-negara anggota agar bersama-sama mendesak solusi damai Iran-Amerika," ujar Willy.
 
Sementara Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin utama juga sebaiknya memainkan peran untuk mengupayakan solusi damai. Willy bilang ini pekerjaan besar yang harus dilakukan bersama untuk menunjukan kelas Indonesia dalam percaturan dunia. Indonesia berkepentingan untuk memainkan peran demi menjaga perdamaian dunia.
 
Dia bilang yang terjadi antara Iran-AS telah berlangsung cukup panjang. AS yang selama ini terus mengembargo Iran nyatanya tidak bisa menundukkan negara dengan Ibu Kota Taheran itu.
 
Menurut Willy justru secara internal Iran makin menguatkan ikatan di dalam dirinya. Kekuatan internal Iran ini tidak bisa dianggap sepele. AS tentu tidak akan gegabah dan Iran juga tentu akan sangat berhitung terhadap kemungkinan yang terjadi bagi rakyatnya.
 
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDemini mengatakan ancaman perang dunia ketiga harus bisa diredakan. Oleh sebab itu, semua negara di dunia berkepentingan untuk menjalin hubungan damai agar seluruh rakyat dapat menikmati hasil dari kemerdekaan.
 
"Peluang-peluang kemanusiaan ini yang bisa menjadi pijakan Indonesia untuk memainkan peran pendamai,” pungkas dia.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif