Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id

Ketua DPR: Harus Ada Evaluasi Menyeluruh Sistem Lapas

Nasional kerusuhan penjara
Putri Rosmala • 17 Mei 2019 14:11
Jakarta: Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan perlu dilakukan evaluasi sistem di lembaga pemasyarakatan (lapas) secara menyeluruh. Hal itu menyusul terjadinya kericuhan di lapas Narkotika Kelas III Hinai, Langkat, Sumatera Utara, 16 Mei 2019 lalu.
 
"Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Permasyarakatan (DitjenPAS) harus melakukan evaluasi seluruh sistem di Lapas, baik sistem manajemen pengelolaan maupun pengawasan di dalam Lapas," ujar Bamsoet dalam keterangan resminya, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Bamsoet mengatakan ia mendorong Kemenkumham melalui DitjenPAS untuk melakukan kajian kapasitas Lapas yang layak. Salah satunya melakukan penyesuaian antara jumlah sel tahanan dengan warga binaan yang ada, mengingat kondisi lapas yang overcapacity sering kali menjadi pemicu utama rusuh di Lapas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mendorong Kemenkumham melalui DitjenPAS untuk menjamin bahwa setiap warga binaan di Lapas dan Rutan mendapatkan haknya sesuai dengan UU No. 12 tahun 1995 tentang Permasyarakatan," ujar Bamsoet.
 
Baca: Dirjenpas: Lapas Langkat Sudah Kondusif
 
Ia menegaskan, kepolisian harus terus melakukan pencarian warga binaan yang kabur hingga seluruhnya dapat tertangkap. Mengingat hal tersebut akan meresahkan masyarakat sekitar.
 
"Lapas narkotika Kelas III Hinai berkerja sama dengan Kepolisian agar menyebarkan identitas warga binaan yang masih buron," ujar Bamsoert.
 
Dengan begitu, masyarakat dapat membantu pencarian dan melaporkan jika mendapati orang yang ciri-cirinya serupa dengan identitas yang disebarkan.
 
Seperti diketahui, peristiwa kericuhan di lapas Narkotika Kelas III Hinai, Langkat, Provinsi Sumatra Utara menyebabkan ratusan warga binaan kabur dan hingga saat ini sekitar 53 orang masih diburu polisi. Kejadian kerusuhan Lapas sudah terjadi dua kali dalam kurun waktu seminggu.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif