Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Prabowo Ungkap Kendala Pembuatan Pesawat KFX/IFX

Kautsar Widya Prabowo • 08 November 2022 14:17
Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan pembuatan pesawat tempur KFX/IFX yang bekerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) masih berjalan. Namun, ada beberapa kendala dalam proses pembuatannya.
 
"Ada sembilan teknologi yang masih sulit kita dapatkan, tapi oke. Sembilan yang kita sulit dapat, tapi kita dapat 48 (teknologi). Jadi minimal kita ada usaha," ujar Prabowo saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Tantangan TNI AU dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan, di Puri Ardhy Garini, Halim, Jakarta Timur, Selasa, 8 November 2022.
 
Prabowo memastikan kekurangan tersebut menghambat proses pembuatan pesawat tempur tersebut. "Insyaallah kita akan kejar dan terutama scientist kita, ilmuwan-ilmuwan kita harus kita libatkan," terang dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prabowo menjelaskan program pembuatan pesawat yang dilakukan Indonesia bekerja sama dengan Korsel jauh lebih murah daripada membeli pesawat dassault rafale generasi 4.5. Pasalnya, pesawat buatan Prancis itu dibanderol kurang lebih 120 juta Euro tanpa dilengkapi dengan sistem persenjataan. 
 
"Jadi satu Rafale, mungkin dua KFX/IFX, kita perlu yang canggih, tapi kita juga perlu yang bisa terjangkau oleh kemampuan kita," jelas dia.
 

Baca: Prabowo akan Perkuat Pertahanan Udara dengan Drone hingga Satelit


Prabowo mengungkapkan saat ini strategi memperkuat pertahanan udara adalah dengan tetap mengejar alutsista yang canggih sambil mempersiapkan produksi pesawat tempur dalam negeri. Dia yakin dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia mampu memproduksi pesawat tempur dengan teknologi yang canggih. 
 
"Rafale kita kejar, F-15 kita mungkin kejar, kita kejar, tapi sementara kita akan pacu kemampuan kita membuat pesawat-pesawat kita sendiri," ujar dia.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING
TERKAIT

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif