Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id

Lestari Moerdijat Sebut Pandemi Hapus Keceriaan Anak-anak

Nasional Partai NasDem Virus Korona covid-19 wabah covid-19 pada anak pandemi covid-19 Lestari Moerdijat Satu Tahun Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 07 Juli 2021 15:11
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) prihatin terhadap anak-anak yang terdampak pandemi covid-19. Pandemi yang terjadi sekitar 1,5 tahun di Indonesia merenggut indahnya masa kanak-kanak.
 
“Mereka dipaksa beradaptasi padahal usia-usia membangun kehidupan sosial, melewatkan waktu, membangun keceriaan, dan menikmati masa anak-anak,” kata Rerie dalam Forum Diskusi Denpasar 12 bertajuk ‘Upaya Menyelamatkan Anak Indonesia dalam Pandemi’ secara virtual, Rabu, 7 Juli 2021.
 
Rerie menyebut pandemi covid-19 juga berdampak terhadap kesehatan anak-anak. Dia menyitat data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per Minggu,4 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tingkat kematian mencapai  1,2 persen atau sekitar 726 anak, sementara kasus positifnya sebesar 2,9 persen,” ujar politikus Partai NasDem itu.
 
Baca: Masyarakat Juga Bertanggung Jawab Menekan Penyebaran Covid-19
 
Rerie juga mengutip pernyataan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Asosiasi itu menyebut kasus kematian anak akibat covid-19 di Indonesia menjadi yang tertinggi di dunia.
 
Fakta itu semakin parah lantaran fasilitas dan sistem kesehatan belum merata di Indonesia. Hal itu terjadi lantaran sarana dan prasarana kurang memadai.
 
“Masalah yang kita hadapi sangat kompleks,” papar dia.
 
Meski begitu, Rerie mengapresiasi pemerintah yang secara tegas menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dia berharap PPKM Darurat efektif menekan penularan covid-19, khususnya kepada anak-anak.
 
“Paling tidak kita mulai mengontrol penyebaran dan kita lihat pemerintah menggencarkan vaksinasi termasuk bagi anak-anak,” tutur Rerie.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif