Anggota Komisi II Guspardi Gaus. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Anggota Komisi II Guspardi Gaus. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Pelaku Kecurangan Tes CASN Diminta Diproses Pidana

Anggi Tondi Martaon • 27 Oktober 2021 15:08
Jakarta: Pemerintah diminta menindak tegas pelaku kecurangan tes calon aparatur sipil negara (CASN) 2021. Pelaku diminta diproses pidana.  
 
"Oh ya jelas (disanksi pidana) kalau ada unsur pidananya," kata anggota Komisi II Guspardi Gaus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta pemerintah mengusut tuntas kecurangan tes CASN. Dia menduga kecurangan tak cuma dilakukan peserta, tapi juga penyelenggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diindikasikan manakala ada pihak ketiga atau orang dalam harus ditelusuri secara saksama," ujar dia.
 
Guspardi menyambut baik keputusan pemerintah memberikan sanksi disiplin kepada pihak-pihak yang terlibat. Pejabat yang terlibat dipecat dan peserta didiskualifikasi.
 
"Sehingga tidak ada satu pun yang berani lagi untuk melakukan kecurangan dalam menghadapi tes CPNS di masa mendatang," ujar dia.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menegaskan aparatur sipil negara (ASN) terlibat kecurangan seleksi CASN 2021 bakal dipecat. Kecurangan salah satunya terjadi di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng).
 
"Akan menindak tegas jika terbukti ada ASN yang terlibat didalamnya. ASN yang terlibat harus dipecat," kata Tjahjo melalui keterangan tertulis, Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Baca: Curang Saat Tes, 225 Peserta Calon ASN Didiskualifikasi
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif