Ilustrasi. (medcom.id)
Ilustrasi. (medcom.id)

KPU: Partai Pelita dan Partai Kongres Belum Lengkapi Berkas Peserta Pemilu 2024

Kautsar Widya Prabowo • 13 Agustus 2022 21:00
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai memeriksa dokumen persyaratan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 milik Partai Pelita dan Partai Kongres. Kedua partai telah mendaftarkan pada siang hari.  
 
"Berdasarkan hasil pemeriksaan kedua yang dilakukan oleh tim KPU, kedua parpol tersebut dokumennya belum lengkap," ujar anggota KPU Idham Holik dalam konferensi pers di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 13 Sabtu 2022. 
 
Selain itu, terdapat dua partai yang telah menjadwalkan pendafataran  diri sebagai peserta pemilu pada hari ini, yaitu Republik Satu dan Partai Masyumi. Namun, keduanya telah mengonfirmasi untuk menjadwalkan ulang pendaftaran pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara spesifik kedua parpol tidak menjelaskan alasannya, tetapi hanya menyampaikan surat pemberitahuan reschedule," jelas dia.
 
KPU, kata Idham, memberikan tenggat waktu bagi parpol yang belum melengkapi berkas hingga akhir pendaftaran. "Kami persilahkan untuk melengkapi (berkas) sampai dengan (Minggu) 14 Agustus 2022, jam 23.59 WIB," terang dia.
 

Baca: Bawaslu Minta ASN Serta Masyarakat Pastikan Namanya Tak Dicatut Parpol


Sementara itu, sejak Senin, 1 Agustus hingga Sabtu, 13 Agustus terctat sudah ada 31 parpol yang telah daftar sebagai peserta Pemilu 2024. 
 
Namun, baru ada 21 pendaftar yang sudah dinyatakan melengkapi berkas pendaftaran kepada KPU RI, yaitu PDI-P, PKP, PKS, PBB, Perindo, Nasdem, PKN, Garuda, Demokrat, Gelora, Hanura, Gerindra, PKB, PSI, PAN, Golkar, PPP, PRIMA, Buruh, Republik, dan Ummat.
 
Sedangkan, 10 partai politik lain belum melengkapi berkas persyaratan, yaitu Partai Republik, Partai Reformasi, Pandai, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Bangkit Bersatu, Parsindo, Partai Pelita, dan Partai Kongres. 
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif