13 Petugas Bawaslu Menerima Kekerasan Sepanjang Pilkada Serentak 2018

Faisal Abdalla 13 Juli 2018 12:12 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
13 Petugas Bawaslu Menerima Kekerasan Sepanjang Pilkada Serentak 2018
Rilis Bawaslu terkait Pilkada Serentak 2018 - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyebut 19 anggotanya meninggal dunia selama menjalankan tugas pengawasan Pilkada serentak 2018. Petugas juga menerima sejumlah intimadasi. 

"Jadi selama proses tahapan awal pilkada ada beberapa kejadian menarik yang menimpa jajaran kami. Kategori meninggal dunia selama menjalankan tugas mulai dari tahapan awal sampai rekapitulasi ada 19 personel," kata Ketua Bawaslu Abhan saat menyampaikan hasil evaluasi Pilkada 2018 di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis 12 Juli 2018. 

Meski begitu, Abhan menyebut, petugas Bawaslu yang meninggal dunia bukan disebabkan oleh kekerasan pihak-pihak tertentu, melainkan karena faktor kesehatan, seperti sakit, kelelahan, hingga kecelakaan. 


Selain korban meninggal, sejumlah anggota Bawaslu juga mengalami luka-luka selama menjalankan tugas. Abhan menyebut setidaknya ada 9 orang yang mengalami luka-luka, "Sebagian juga masih berbaring di rumah sakit," imbuhnya

(Baca juga: Ketua Panwas di Dua Kabupaten di NTT Diserang usai Pleno)

Selain kerugian fisik, sejumlah petugas Bawaslu, lanjut Abhan, juga mengalami intimidasi dan kekerasan. Dia menyebut setidaknya ada 13 petugas Bawaslu yang menjadi korban kekerasan. 

"Diintimidasi misalnya rumahnya ada yang dibakar. Itu di daerah Papua," beber dia. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu, Ratna Dewi memaparkan ada 3.133 dugaan pelanggaran selama proses Pilkada Serentak 2018. 291 di antaranya tergolong pelanggaran Pidana. 

"Dari 291 laporan dugaan pelanggaran pidana, 109 kasus masih dalam tahap penyidikan dan penuntutan," beber Ratna. 

Sementara itu, lanjut Ratna, sebanyak 52 kasus sudah diputus pengadilan dengan rincian 48 terbukti bersalah dan 4 perkara diputus bebas. 

"Empat kasus lainnya dihentikan di penyidikan (SP3)," beber dia. 





(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id