Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut catatan Ombudsman RI telah banyak membantu pemerintah dalam berbenah diri. Pengawasan dan rekomendasi yang diberikan Ombudsman RI membuat pelayanan publik semakin rapi dan berkualitas.
"Saya menyadari banyak hal yang sudah kita capai dan juga banyak hal yang perlu kita perbaiki. Saya yakin Ombudsman RI telah menemukan berbagai kekurangan yang perlu kita perbaiki," kata Jokowi dalam sambutan Laporan Tahunan Ombudsman RI yang digelar virtual, Senin, 8 Februari 2021.
Jokowi mengatakan peningkatan layanan tak lepas dari peran semua pihak. Masyarakat berperan sebagai pemberi informasi dan kritikan. Informasi permasalahan pelayan publik yang ditemukan warga bisa langsung dilayangkan kepadan Ombudsman RI atau perwakilan.
"Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritikan, masukan, ataupun potensi maladministrasi," kata Jokowi.
Baca: Menteri PAN-RB Minta Ombudsman Beri Laporan Detail Masalah Pelayanan Publik
Sementara itu, penyelenggara harus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Ombudsman juga diminta lebih gencar mengawasi dan melayangkan saran untuk pemerintah
"Pengawasan dari Ombudsman Republik Indonesia berupa input, baik kritik dan dukungan, agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas," ujar Kepala Negara.
Jokowi mengatakan mengakui penyelenggara pelayanan publik tidak bisa bekerja seperti biasa akibat pandemi. Karena itu, pelayan masyarakat dituntut bekerja ekstra dan menciptakan inovasi.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (
Jokowi) menyebut catatan Ombudsman RI telah banyak membantu pemerintah dalam berbenah diri. Pengawasan dan rekomendasi yang diberikan Ombudsman RI membuat pelayanan publik semakin rapi dan berkualitas.
"Saya menyadari banyak hal yang sudah kita capai dan juga banyak hal yang perlu kita perbaiki. Saya yakin Ombudsman RI telah menemukan berbagai kekurangan yang perlu kita perbaiki," kata Jokowi dalam sambutan Laporan Tahunan Ombudsman RI yang digelar virtual, Senin, 8 Februari 2021.
Jokowi mengatakan peningkatan layanan tak lepas dari peran semua pihak. Masyarakat berperan sebagai pemberi informasi dan kritikan. Informasi permasalahan pelayan publik yang ditemukan warga bisa langsung dilayangkan kepadan
Ombudsman RI atau perwakilan.
"Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritikan, masukan, ataupun potensi maladministrasi," kata Jokowi.
Baca:
Menteri PAN-RB Minta Ombudsman Beri Laporan Detail Masalah Pelayanan Publik
Sementara itu, penyelenggara harus meningkatkan kualitas
pelayanan publik. Ombudsman juga diminta lebih gencar mengawasi dan melayangkan saran untuk pemerintah
"Pengawasan dari Ombudsman Republik Indonesia berupa
input, baik kritik dan dukungan, agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas," ujar Kepala Negara.
Jokowi mengatakan mengakui penyelenggara pelayanan publik tidak bisa bekerja seperti biasa akibat pandemi. Karena itu, pelayan masyarakat dituntut bekerja ekstra dan menciptakan inovasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SUR)