Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar aksi sobek amplop cokelat di gedung DPRD Malang.
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar aksi sobek amplop cokelat di gedung DPRD Malang.

PSI Gelar Aksi Sobek Amplop Cokelat di DPRD Malang

Nasional suap ketua dprd malang
28 Januari 2019 16:03
Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar aksi sobek amplop cokelat di gedung DPRD Malang. Gerakan itu merupakan aksi simbolik perlawanan terhadap korupsi.
 
“Amplop-amplop ini merepresentasikan uang-uang siluman yang kerap dilibatkan dalam penyusunan UU maupun Perda. Seperti yang terjadi pada kasus korupsi massal anggota DPRD Kota Malang beberapa waktu lalu,” kata Ketua Umum PSI Grace Natalie di Gedung DPRD Kota Malang, Senin, 28 Januari 2019.
 
Beberapa waktu lalu, 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. KPK menduga para tersangka menerima fee masing-masing Rp12,5 juta hingga Rp50 juta dari Wali Kota nonaktif Malang Moch Anton. Uang itu disinyalir terkait persetujuan penetapan RAPBD-P Malang tahun 2015.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kompromi-kompromi seperti ini menjelaskan kenapa ketika sebuah proposal perundangan masih dalam bentuk RUU atau Raperda bisa sangat bagus, tapi begitu disahkan, ada poin-poin yang berubah atau bahkan sama sekali menghilang," ujarnya.
 
Grace telah sepakat dan berkomitmen bahwa proses pembuatan peraturan perundangan harus dilakukan secara transparan. Semua rapat, absensi, dan notulensi harus dibuat terbuka untuk publik.
 
"Kondisinya sekarang kan tidak. PSI masuk ke parlemen untuk mengubah itu. Stand point masing-masing anggota dewan dari PSI terhadap satu isu harus diketahui khalayak," katanya.
 
Baca: 41 dari 45 Anggota DPRD Malang Tersangka Suap
 
Menurutnya besar atau kecil jumlah korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang tidak dapat dibenarkan. Untuk mencegah hal tersebut terulang, kami menyiapkan mekanisme pelaporan online bagi setiap kader yang berhasil duduk di parlemen. "Aplikasi ini bertujuan supaya masyarakat bisa aktif ikut mengontrol," ujar Grace.
 
Kedatangan pengurus DPP dan kader PSI di Malang merupakan bagian dari kegiatan Solidarity Tour Jawa Timur. Setelah Kota Malang PSI, dijadwalkan mengunjungi tiga kota lain yakni Jember, Sidoarjo, dan Pamekasan.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif