Kapabilitas tak Diragukan, Fraksi Golkar Dukung BG Jadi Kepala BIN

Al Abrar 07 September 2016 14:02 WIB
binkepala bin
Kapabilitas tak Diragukan, Fraksi Golkar Dukung BG Jadi Kepala BIN
Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan (kiri) berjalan keluar usai melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/9/2015). Foto: Antara/Yudhi Mahatma
medcom.id, Jakarta: Fraksi Partai Golkar memastikan akan memuluskan jalan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Hal itu sebagai langkah dukungan untuk mengawal kebijakan Presiden Joko Widodo.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menjelaskan, pihaknya mendukung Budi Gunawan selama tidak ada peraturan undang-undang yang dilanggar. Pihaknya juga tidak akan memberikan materi pendalaman dari visi dan misi yang disampaikan Budi.

"Fraksi Partai Golkar merasa tidak perlu lagi mendalami visi dan misi Pak Budi Gunawan, karena kapabilitasnya yang tidak perlu diragukan. Selain sudah pernah diterima di paripurna DPR RI tempo hari dalam fit and propert test kapolri," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).



Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Budi Gunawan (tengah) bersiap menyampaikan visi misi saat uji kalayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di ruang rapat Komisi I Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016). Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Golkar hanya mengingatkan, dalam kepemimpinan Budi ke depan diperlukan dukungan seluruh lembaga dan kementerian kepada BIN. Hal itu untuk merespons tantangan radikalisme, terorisme, proxy war dan juga kemampuan digital intelligence terkini.

"Sesuai UU 17/2011, DPR memberi pertimbangan terhadap calon, dan sesuai dengan Pasal 39 dan 40, dimana BIN sebagai koordinator intelijen negara, paparan visi dan misi BG terhadap program tersebut sangat baik. Sehingga beliau layak menjadi Kepala Badan Intelijen yang baru tanpa catatan," ujarnya.

Sampai saat ini Budi masih menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Dengan mengenakan pakaian lengkap polisi, jenderal bintang tiga itu didampingi perwira tinggi Polri, seperti Kalemdikpol Komjen Syafruddin, Kabaharkam Polri Komjen Putut Eko Bayuseno, dan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso.

Sejumlah jenderal bintang dua juga turut hadir, di antaranya Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Anton Charliyan dan Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto. Hadir pula sejumlah perwira tinggi bintang satu.

 



(MBM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id