Guru tengah mengajar/MI/Panca Syurkani
Guru tengah mengajar/MI/Panca Syurkani

Pengangkatan Guru Honorer Menjadi ASN Diharapkan Lebih Mudah

Nasional Guru Hari Guru Nasional ASN Guru Honorer Pengangkatan Guru
Anggi Tondi Martaon • 25 November 2021 11:59
Jakarta: Pengangkatan status guru honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN) diharapkan lebih mudah. Kemudahan didasari masa abdi guru honorer.
 
“Kami mendorong agar pemerintah semakin mempermudah seleksi untuk guru honorer yang telah lama mendedikasian dirinya untuk mendidik anak-anak kita,” kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Kamis, 25 November 2021.
 
Memperingati Hari Guru Nasional, dia ingin nasib guru honorer lebih diperhatikan lagi. Perbaikan kesejahteraan disebut sebagai bentuk penghargaan negara kepada pahlawan tanpa tanda jasa non-ASN tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puan mendorong kuota pengangkatan guru honorer sebagai ASN diperbanyak di daerah. Dia mengakui realisasi usulan itu terkendala keterbatasan kuota dan anggaran, namun hal itu bisa diatasi dengan efisiensi anggaran.
 
"Semua kembali lagi kepada komitmen kita untuk mengangkat harkat para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa ini,” sebut Puan.
 
Baca: Menag : Siswa Butuh Guru yang Thinking Out of The Box
 
Cara lain juga bisa dilakukan dengan memperbanyak afirmasi dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bagi guru honorer. Sehingga, pengangkatan para guru honorer yang sudah lama mengabdi bisa dipercepat.
 
Di sisi lain, Puan mengapresiasi komitmen guru selama pandemi 2 tahun belakangan. Mereka tetap fokus mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa di tengah pandemi covid-19.
 
“Terima kasih untuk para guru atas baktinya selama ini. Tetap semangat dalam mengokohkan pendidikan bangsa,” kata Puan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif