Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi. Foto: Ilham Pratama Putra/Medcom.id
Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi. Foto: Ilham Pratama Putra/Medcom.id

Menag Fachrul Akan Memperingatkan Penceramah Menyimpang

Nasional menteri agama Tangkal Radikalisme
Ilham Pratama Putra • 31 Oktober 2019 06:45
Jakarta: Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, akan menemui tokoh agama yang ceramahnya berbau radikalisme. Dia ingin para tokoh agama memberikan pemahaman yang baik.
 
"(Saya akan) Memberikan peringatan-peringatan kepada penceramah-penceramah yang menyimpang," kata Fachrul di Gedung Kementerian Agama, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Fachrul menyebut peringatan tersebut sebagai bentuk sosialisasi tentang bahayanya radikalisme. Eks Wakil Panglima TNI itu mengaku siap bertemu dengan para tokoh agama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ketemu pasti, saya usahakan ketemu-ketemu dengan mereka-mereka. Mungkin dia yang datang, mungkin ketemu di mana. Enggak ada niat manggil-manggil, manggil seperti orang dihukum saja," ujar dia.
 
Fachrul tidak menjelaskan indikator ceramah mengandung pemahaman radikal. Namun, dia memastikan bakal menyeret tokoh agama ke polisi bila ceramahnya mengandung kebencian.
 
"Kalau sudah sampai pada ujaran kebencian, itu selanjutnya sudah aparat hukum," pungkasnya.
 
Fachrul sebelumnya mengaku diinstruksikan Presiden Joko Widodo untuk menghilangkan paham radikal. Melawan radikalisme akan menjadi fokus utama Kementerian Agama.
 
"Pesan Pak Jokowi harus fokus dan mencapai sasaran. Jangan sampai program itu hanya wacana-wacana saja tidak ada pencapaian sasarannya," kata Fachrul di Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Fachrul menegaskan pemerintah tetap mengedepankan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya radikalisme. Dia mengaku sudah berdiskusi dengan rektor agar bisa mematangkan program yang mampu menangkal radikalisme.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif