Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: MI/Ramdani
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: MI/Ramdani

Fachrul Razi Dinilai Mampu Mengatasi Intoleransi dan Radikalisme

Nasional menteri agama toleransi beragama Tangkal Radikalisme
Ilham Pratama Putra • 29 Oktober 2019 13:27
Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi dinilai mampu menumpas persoalan intoleransi dan radikalisme. Sebagai mantan tentara, Fachrul diyakini punya strategi menyelesaikan dua masalah tersebut.
 
"Dia kan alumni TNI yang punya strategi untuk meminimalisasi masalah intoleran hingga radikalisme," kata pengamat politik, Adiyana Slamet, kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Dia juga menyarankan Fachrul mencoba berembuk dengan seluruh organisasi keagamaan. Membangun kembali komunikasi dengan organisasi keagamaan di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, Fachrul bisa menyisipkan penjelasan tentang bahaya radikalisme saat bertemu organisasi keagamaan. Sebab, semua pihak harus menyadari bahaya radikalisme.
 
"Menangkal radikalisme itu dengan memberi pemahaman bahaya radikalisme, bahayanya politik identitas, bahayanya bahwa kita akan terpecah belah seperti di Suriah," jelas dia.
 
Penunjukan Fachrul sebagai menteri agama mengagetkan banyak pihak. Apalagi, Fachrul tidak aktif dalam kegiatan keagamaan.
 
Beberapa kiai dari Nahdlatul Ulama dikabarkan sempat kecewa dengan penunjukan Fachrul. Namun, Fachrul menilai Presiden Joko Widodo memiliki alasan khusus atas penunjukan ini.
 
"Mungkin Beliau melihat ada citra kalau militer itu pasti tegas, dan senang datang ke lapangan, dan berdialog langsung di lapangan, tidak hanya di belakang media," kata Fachrul dalam acara PrimeTalk MetroTV, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Sikap tegas dibutuhkan dalam memimpin Kementerian Agama. Tapi, Fachri memastikan tak akan menerapkan cara disiplin militer di Kementerian Agama.
 
"Mungkin itu citranya sehingga beliau itu mengharapkan saya mengambil langkah-langkah tegas namun tidak berarti menjadi brutal. Tapi tegas menunjukkan sikap kita sebagaimana mestinya," ujar Fachrul.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif