Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos. (Medcom.id/Fachri)
Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos. (Medcom.id/Fachri)

KPU Tunggu 28 Parpol Tersisa Daftar Peserta Pemilu 2024

Fachri Audhia Hafiez • 06 Agustus 2022 16:40
Jakarta: Sebanyak 13 partai politik (parpol) telah mendaftar sebagai calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024. Tersisa 28 dari total 41 parpol yang telah mengakses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tetapi belum mendaftar.
 
"Kita akan lihat sampai pada 14 Agustus pukul 24.00 WIB itu adalah jadwal paling akhir parpol calon peserta Pemilu 2024 datang melapor," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 6 Agustus 2022.
 
KPU, kata Betty, tengah melakukan verifikasi administrasi terhadap parpol yang mendaftar sejak 2 Agustus 2022. Verifikasi administrasi dilakukan secara rahasia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang teman-teman sedang melakukan verifikasi administrasi di suatu tempat kita isolir. Sehingga, mereka nanti bisa melakukan kegiatannya secara fokus dan tidak terganggu oleh pekerjaan lain," ujar Betty.
 
Parpol yang segera mendaftar yakni Partai Gelora yang akan menyambangi Kantor KPU pada Minggu, 7 Agustus 2022. Sebanyak tiga parpol bakal mendaftar pada Senin, 8 Agustus 2022, yakni, Partai Republik Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerindra.
 

Baca: Daftar Pemilu, PDRI Pakai Formula Wong Cilik untuk Raup Suara


Dilanjutkan pada Rabu, 10 Agustus 2022, terdapat Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Lalu, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
 
Partai Buruh dan Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo) akan daftar pada Jumat, 12 Agustus 2022. Lalu, Partai Damai Kasih Bangsa (PDKB) akan daftar di penghujung masa pendaftaran yakni Minggu, 14 Agustus 2022.
 
Jadwal tersebut masih berpeluang berubah. KPU menunggu kepastian agenda dari masing-masing parpol.
 
KPU mencatat 41 parpol telah mengakses Sipol untuk tahap pendaftaran Pemilu 2024. Sementara, terdapat delapan parpol lokal Aceh di luar jumlah tersebut yang telah mengakses Sipol.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif