Presiden Jokowi berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: MI/Ramdani.
Presiden Jokowi berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: MI/Ramdani.

Survei: Jokowi-Ma'ruf Unggul

Nasional pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 26 Agustus 2018 15:40
Jakarta: Lembaga survei Alvara merilis hasil risetnya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019. Hasilnya, tingkat keterpilihan Joko Widodo-Ma'ruf Amin ada di angka 53,6 persen.
 
"Elektabilitas capres dan cawapres kita menemukan bahwa 53,6 persen pilih Jokowi. Sementara 35,2 Prabowo-Sandi," kata CEO Alvara Hasanuddin Ali di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Agustus 2018.
 
Hasanuddin menjelaskan, secara individu, tren elektabilitas Jokowi mengalami peningkatan tahun ini. Saat Februari lalu, suevi elektabilitas Jokowi ada di angka 52 persen, Mei 52 persen, Juli 52,6 persen, dan Agustus 53,6 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi serupa juga dialami Prabowo Subianto. Elektabilitas pesaing Jokowi itu terus meningkat, saat Februari 33,2 persen, Mei 33,6 persen, Juli 35,4 persen, dan Agustus mencapai 36,8 persen.
 
Sementara itu, catatan survei elektabilitas Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno bersaing ketat. Alvara mencatat angka survei elektabilitas keduanya berbeda tipis, Ma'ruf Amin unggul dengan 45,3 persen, sedangkan Sandi 43,1 persen.
 
"Meskipun begitu, keduanya bersaing ketat di kalangan pemilih muda dan tua. Sandiaga unggul di pemilih muda sementara Ma'ruf Amin unggul di pemilih dewasa dan tua," jelasnya.
 
Hasanuddin menambahkan sosok Jokowi dan Prabowo masih menjadi penentu dan berpengaruh dibandingkan pasangannya. Namun, ada kecenderungan berbeda antara Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.
 
"Pak Ma'ruf di posisi Pak Jokowi untuk menahan perolehan suara agar tidak turun. Sementara kita lihat posisi Sandi di Prabowo lebih untuk menemukan pemilih baru. Terutama di pemilih muda," jelasnya.
 
Survei ini digelar 12 hingga 18 Agustus 2018 dengan metode multistage random sampling. Survei melibatkan 1.500 responden berusia 17 tahun ke atas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,53 persen.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif