Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Setpres.
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Setpres.

Presiden Instruksikan Peningkatan Produksi Sumber Pangan Alternatif

Andhika Prasetyo • 11 Agustus 2022 12:15
Boyolali: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah terus berupaya menggenjot produksi sumber-sumber pangan alternatif secara besar-besaran. Langkah tersebut dilakukan demi mengantisipasi ancaman krisis pangan yang kini sudah melanda sejumlah negara.
 
"Kita tahu kan, kita tahu dunia sekarang ini sedang dilanda yang namanya krisis pangan. Ada 300 juta lebih orang yang kekurangan pangan akut dan kelaparan di beberapa negara. Sudah mulai," ujar Jokowi di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Melihat kondisi yang kian buruk itu, Kepala Negara menginstruksikan Kementerian Pertanian mengaktifkan lahan-lahan yang selama ini tidur. Lahan-lahan tidak produktif harus dimanfaatkan untuk segala jenis tanaman yang cocok dengan cuaca dan kontur tanah di daerah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Boyolali ini, lahan-lahan tidak produktif ditanami seperti sekarang kita lakukan. Ini kita tanami kelapa genjah," ucap mantan wali kota Solo itu.
 

Baca: Presiden Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan


Jokowi mengatakan proses produksi komoditas kelapa genjah cukup sederhana dan hanya membutuhkan 2,5 tahun untuk berbuah. Satu pohon, kata Jokowi, bisa menghasilkan 180 kelapa genjah.
 
"Itu bisa dibuat gula semut, minyak kelapa, dan bisa juga dijual buahnya untuk minuman segar. Saya kira ini yang akan terus kita lakukan," jelas Jokowi.
 
Khusus di kawasan Boyolali, Kementerian Pertanian akan membagikan 46 ribu bibit kelapa genjah hingga akhir tahun. Hal serupa juga akan dilakukan di Karanganyar dengan target pemberian 44 ribu bibit dan di Sukoharjo mencapai 110 ribu bibit.
 
"Ini baru dimulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang memang kelapa itu bisa hidup dengan baik juha kita tanami. Targetnya kurang lebih satu juta kelapa genjah. Tapi tidak hanya kelapa saja. Nanti ada jagung dan juga bibit-bibit cabai," ujar Jokowi.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif