NEWSTICKER
Desain Ibu Kota baru. Foto: Kementerian PUPR
Desain Ibu Kota baru. Foto: Kementerian PUPR

ASN Ibu Kota Baru Diprioritaskan Melek Digital

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf Ibu Kota Baru 100 Hari Jokowi-Maruf
Putri Rosmala • 27 Januari 2020 13:41
Jakara: Pemerintah gencar menyiapkan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke ibu kota baru di Kalimantan Timur. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memetakan kebutuhan ASN yang bakal bekerja di Kaltim.
 
Kemenpan-RBbelum bisa memastikan jumlah ASN yang akan pindah. Termasuk instansi apa yang akan diprioritaskan pindah lebih dulu. Namun, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja memastikan ASN yang pindah harus memahami teknologi digital.
 
Dia menyebut Presiden Joko Widodo ingin ibu kota baru berkonsep smart city. Cetak biru Bappenas menunjukkan pemerintahan di pusat pemerintahan masa depan Indonesia berbasis elektronik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya kurang lebih kan kita membutuhkan kompetensi ASN yang mengarah pada sana untuk bisa menjalankan itu semua," ujar Setiawan di Kemenpan-RB, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.
 
Patokan usia ASN yang akan dipindahkan juga belum ada. ASN masih berpotensi dipindah jika mampu memenuhi kebutuhan ibu kota baru dan melek digitalisasi pemerintahan.
 
"Kan ada juga usia yang sudah di atas 50 tahun, tapi mereka bisa mengikuti perkembangan zaman," ujar Setiawan.
 
Kemenpan-RB masih harus menunggu instruksi dari Presiden Joko Widodo dan Bappenas untuk mutasi ASN. Kementerian yang dipimpin Tjahjo Kumolo ini hanya menyortir dan memastikan ASN yang bertugas di ibu kota baru siap pindah.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif