Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju. MI/Ramdani.
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju. MI/Ramdani.

Alasan Jokowi Kenalkan Menteri Duduk di Tangga Istana

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Damar Iradat • 24 Oktober 2019 18:15
Jakarta: Presiden Joko Widodo membeberkan alasan mengenalkan menteri Kabinet Indonesia Maju sambil duduk di tangga Istana Merdeka. Tindakan itu mencerminkan kerendahan hati dan merakyat.
 
"Saya kira kita emang duduk itu untuk memfilosofikan rendah hati, merakyat tapi tetap harus bekerja keras karena diumumkan kondisi panas yang luar biasa," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Jokowi bisa saja memperkenalkan para menteri di ruangan yang sejuk. Hanya saja, Kepala Negara ingin pengenalan menteri dilakukan di tempat terbuka sehingga melambangkan keterbukaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden memperkenalkan 34 menteri dan enam pejabat setingkat menteri di tangga halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju duduk di tangga Istana Merdeka.
 
Jokowi kemudian memanggil satu per satu nama menteri dan jabatan mereka. Saat pengumuman nama-nama menteri tersebut, sejumlah momen menarik juga terekam. Salah satunya saat Jokowi mengumumkan nama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.
 
Saat dipanggil, Prabowo langsung berdiri dan memberi hormat ke arah Jokowi. Tak pelak, sikap hormat Prabowo itu mendapat tepukan tangan dari para menteri lain dan awak media yang meliput momen tersebut.
 
Jokowi pun berkelakar tak perlu menjelaskan secara detail tugas Ketua Umum Partai Gerindra itu. "Saya tidak perlu jelaskan lagi, beliau lebih paham dari saya," kata Jokowi saat mengumumkan nama Prabowo sebagai Menhan di tangga depan Istana Merdeka, Jakarta, 23 Oktober 2019.
 
Selain Prabowo, mantan Kapolri Jendral Tito Karnavian juga memberikan hormat kepada Jokowi saat namanya disebut sebagai Menteri Dalam Negeri. Tito juga tampak tersenyum.
 
Tidak hanya Prabowo dan Tito, Fachrul Razi juga menunjukkan sikap tegas saat namanya disebut sebagai Menteri Agama. Ia langsung berdiri dan mengucapkan salam dengan tegas.
 
"Assalamualaikum!" kata Fachrul tegas.
 
Saat mengumumkan nama Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Jokowi meminta sepakbola Indonesia dibenahi. Saat ini, prestasi sepakbola Indonesia sangat terpuruk.
 
"Sepak bolanya, Pak," kata Jokowi singkat.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif