Presiden Joko Widodo dalam acara Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta. Foto: Damar Iradat/Medcom.id
Presiden Joko Widodo dalam acara Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta. Foto: Damar Iradat/Medcom.id

Jokowi Minta Menterinya Menyuntikkan Pancasila di Regulasi

Nasional pancasila
Damar Iradat • 03 Desember 2019 17:42
Jakarta: Setiap pimpinan kementerian dan lembaga negara harus memegang teguh ideologi Pancasila. Pancasila merupakan salah satu fondasi utama membangun bangsa.
 
"Setiap kementerian, lembaga, TNI, Polri, Jaksa Agung, BIN, semua sama, kepemimpinan harus memiliki ideologi tanpa disampaikan tapi rasa memiliki ideologi," kata Presiden Joko Widodo dalam acara Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Menurut Jokowi, tidak mungkin Indonesia memiliki ideologi berbeda. Arah pembangunan menjadi tidak jelas bila masyarakat Indonesia memiliki ideologi berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi juga mengajak semua kementerian dan lembaga memikirkan ideologi di setiap produk kebijakan, regulasi, maupun perundang-undangan. Penerapan Pancasila harus terasa.
 
Ia mencontohkan program yang selama ini menyisipkan nilai-nilai Pancasila. Misalnya, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Program Keluarga Harapan (PKH).
 
"Lihat lebih dalam lagi ada apa di situ? Perikemanusiaan ada di situ, BBM satu harga ada ideloginya di situ, keadilan sosial ada di situ," ungkap dia.
 
Jokowi mengatakan nilai-nilai Pancasila juga diterapkan dalam pembangunan infrastruktur. Pembangunan ini merupakan salah satu prioritas Jokowi pada periode pertama.
 
"Jangan dilihat tidak ada ideologinya. Orang hanya melihat urusan ekonominya, tidak. Ini mempersatukan," tegas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif