Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate. Foto: MI/Rommy Pujianto
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate. Foto: MI/Rommy Pujianto

Menkominfo Minta Pemuda Indonesia Manfaatkan Program Talenta Digital

Nasional transformasi digital Generasi Muda Johnny Gerard Plate
Anggi Tondi Martaon • 24 April 2022 15:51
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta pemuda di Indonesia memanfaatkan program pengembangan talenta digital. Program itu diyakini bisa mengoptimalkan transformasi digital pascapandemi covid-19.
 
"Saya juga ingin mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk berperan aktif dalam roadmap transformasi digital Indonesia, khususnya mengambil bagian dalam program pengembangan talent digital yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo," kata Johnny melalui keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.
 
Johnny mengatakan pihaknya menyiapkan tiga tahapan keterampilan dalam program pengembangan talenta digital itu. Pertama, pemerintah akan memaksimalkan keterampilan dasar dengan gerakan nasional literasi digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahapan kedua, yakni pembelajaran keterampilan menengah yang bisa membuat peserta memahami fungsi dan cara bekerja sama dengan platform digital. Terakhir, keterampilan tingkat lanjut yang akan bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka di dunia.
 
"Saya yakin bahwa program-program ini dapat menjadi tolok ukur bagi negara dan negara lain untuk membina talenta digital yang mungkin tidak hanya mendapat manfaat tetapi juga mengoptimalkan transformasi digital," tutur Johnny.
 
Indonesia diyakini bisa membuat ekonomi digital meroket jika program pengembangan talenta ini dimanfaatkan dengan baik. Apalagi, kata Johnny, keuntungan transformasi digital ditaksir mencapai USD2,8 triliun pada 2025 berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC).
 
"Indonesia juga menggemakan tren global ini. Sektor informasi dan komunikasi juga menjadi penyumbang pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) terbesar kedua dengan kontribusi rata-rata antara 2019 hingga 2021 mencapai 8,94 persen," ucap Johnny.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memerintahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memaksimalkan transformasi digital di Indonesia. Setidaknya, ada lima perintah dari Kepala Negara agar transformasi digital di Indonesia tak terkendala.
 
Pertama, Kepala Negara memerintahkan adanya perluasan akses internet dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, Jokowi memerintahkan adanya rancangan peta transformasi digital nasional.
 
Ketiga, Kepala Negara memerintahkan pembentukan dan operasionalisasi pusat data nasional. Lalu, meningkatkan suplai dan pengembangan talenta digital Indonesia. Terakhir, Jokowi memerintahkan adanya pengembangan regulasi dan mekanisme pendanaan.
 
"Kementerian Kominfo telah mengadopsi pendekatan holistik melalui penetapan roadmap transformasi digital yang berfokus pada empat sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital," ujar Johnny.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif