Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id

KPU Tetapkan Pembagian Divisi dan Koordinator Wilayah Periode 2022-2027

Nasional kpu pemilu Pilpres Pemilu 2024 Pilpres 2024
Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 18 April 2022 06:35
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan susunan penanggung jawab divisi dan koordinator wilayah bagi anggota. Susunan itu tertuang dalam Berita Acara Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Nomor 59/SDM.13-BA/04/2022 dan Surat Keputusan KPU Nomor 108 dan 109 Tahun 2022.
 
Susunan penanggung jawab divisi bagi anggota KPU, yakni Yulianto Sudrajat dipercaya sebagai Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan logistik. Kemudian, August Mellaz sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi.
 
Lalu, Betty Epsilon Idroos diberi mandat menjadi Ketua Divisi Data dan Informasi. Selanjutnya, Parsadaan Harahap ditunjuk menjadi Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Penelitian dan Pengembangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Idham Holik dipercaya sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan. Terkahir, Mochammad Afifuddin dipilih sebagai Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan.
 
Ketujuh anggota KPU periode 2022-2027 resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 12 April 2022. Ketujuhnya adalah Hasyim Asy’ari, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.
 
Hasyim Asy'ari ditetapkan sebagai ketua. Penetapan itu tertuang dalam Berita Acara Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Nomor 55/PK.01-BA/03/2022 dan Surat Keputusan KPU Nomor102 Tahun 2022.
 
Baca: Ketua KPU: Tak Ada Lagi Cerita Penundaan Pemilu 2024
 
Untuk pembagian ketua koordinator wilayah bagi anggota KPU, yakni Parsadaan Harahap ditunjuk sebagai ketua koordinator wilayah Sumatra Utara, Bengkulu, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tenggara.
 
Kemudian, Yulianto Sudrajat sebagai ketua koordinator wilayah untuk Jawa Tengah, Bali, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, dan Maluku Utara. Mochammad Afifuddin ditunjuk sebagai ketua koordinator wilayah untuk Papua, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, dan Banten.
 
Lalu, Betty Epsilon Idroos sebagai ketua koordinator wilayah untuk DKI Jakarta, Sumatra Barat, Maluku, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, dan DI Yogyakarta. Idham Holik ditunjuk sebagai ketua koordinator wilayah untuk Jawa Barat, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Aceh, Sulawesi Barat, dan Sumatra Selatan.
 
Terakhir, August Mellaz ditunjuk sebagai Ketua Koordinator wilayah untuk Jawa Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Jambi, dan Riau.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif