Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.

Ma'ruf Amin: Pembangunan Jangan Korbankan Generasi Masa Depan

Nasional pembangunan generasi milenial maruf amin Generasi Muda pembangunan berkelanjutan
Emir Chairullah • 10 Mei 2022 01:07
Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) mengawal upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan kemakmuran tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan. Pemda diharap mengambil kebijakan yang lebih dekat dengan aspirasi rakyat.
 
"Sehingga, orientasi pembangunan di masa depan bersifat mendorong kegiatan ekonomi yang non ekstraktif, ramah lingkungan, dan melibatkan partisipasi seluruh warga negara," kata Ma'ruf saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022 di Bali, Senin, 9 Mei 2022.
 
Menurut Ma'ruf, setidaknya ada sejumlah hal yang perlu dilakukan pemda untuk mengawal pembangunan yang berkelanjutan. Salah satunya, visi harus diterjemahkan ke tujuan yang jelas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian, berani mengambil risiko dan melakukan inovasi, mendinamiskan birokrasi/organisasi, kolaborasi dengan multi pihak, anggaran yang fokus kepada hasil dan kemitraan yang efektif antara sektor publik dan swasta," kata dia.
 
Selain itu, kata dia, diperlukan kerja sama dan kemitraan antara pemerintah provinsi (pemprov) dengan pemangku kepentingan. Ma'ruf menegaskan pemerintahan yang efektif tidak sekadar melakukan intervensi.
 
"Tetapi membangun misi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan," tegasnya.
 
Ma'ruf meminta pemda mengubah paradigma dari sekadar menata (order) menjadi melayani atau memenuhi kebutuhan rakyat. Termasuk, membangun interaksi dengan banyak pemangku kepentingan.
 
Baca: Pembangunan Berkelanjutan Disebut Butuh Pendekatan Yurisdiksi
 
Ketua Umum APPSI Anies Baswedan melaporkan Rakernas diselenggarakan dengan tujuan menetapkan program kerja APPSI tahun ini. Termasuk, menghasilkan rekomendasi APPSI untuk disampaikan kepada pemerintah pusat sebagai masukan berbagai kebijakan dalam upaya meningkatkan pelaksanaan pemerintahan.
 
"Karena itu kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Presiden (Joko Widodo) dan Pak Wakil Presiden yang selama ini responsif terhadap aspirasi yang disampaikan oleh para gubernur melalui berbagai forum, ketika ada forum dengan Presiden dan Wakil Presiden," kata Anies.
 
Anies menilai terdapat banyak perubahan regulasi yang berimplikasi cukup serius di daerah dalam dua tahun terakhir. Anies berharap seluruh pembahasan dalam Rakernas APPSI 2022 menjadi masukan dan rekomendasi bagi pemerintah pusat.
 
"Kami berharap nantinya rekomendasi yang dihasilkan bisa dibahas bersama untuk membuat jalannya roda pemerintahan menjadi lebih baik, sinkronisasi antara maksud, tujuan regulasi dengan kenyataan di lapangan juga terjadi lebih baik sehingga pada akhirnya bisa mendorong kemajuan, memberikan rasa keadilan bagi seluruh komponen masyarakat baik yang berada di pusat maupun berada di daerah," kata Anies.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif