Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/Istimewa
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/Istimewa

Umat Islam Diajak Menjadi Motor Perdamaian Dunia

Nasional parpol PKB islam Muhaimin Iskandar
Anggi Tondi Martaon • 04 Mei 2022 01:35
Jakarta: Umat Islam di Indonesia diajak menjadi motor perdamaian di dunia. Tak semua umat muslim bisa merasakan suka cita menyambut Idulfitri karena berada di tengah konflik.
 
"Kita belum tenang jika saudara-saudara kita umat Islam di negara lain tidak dapat menjalankan ibadah dengan tenang," kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melalui keterangan tertulis, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Wakil Ketua DPR itu menyinggung konflik yang terjadi di sejumlah negara. Di antaranya, perang antara Rusia dan Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhaimin menyampaikan umat Muslim di Ukraina mencapai dua juta orang. Terdapat juga 200 masjid dan 20 Islamic Center yang menjadi pusat kegiatan umat.
 
Muhaimin mengajak umat Islam Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan. Konflik yang terjadi diyakini membuat umat muslim di Ukraina kesulitan.
 
Baca: Ketua DPR: Selamat Idulfitri, Jangan Abaikan Covid-19
 
Di sisi lain, dia mengatakan Rusia memiliki 20-25 juta umat Muslim. Mereka dinilai ikut menderita karena sanksi ekonomi yang diterapkan negara-negara barat akibat menginvasi Ukraina.
 
"Saya juga mengajak umat Islam Indonesia untuk bersama-sama mendorong saudara-saudara kita di Rusia ikut membujuk pemerintah Rusia menghentikan serangan dan menempuh jalan perundingan," ungkap dia.
 
Kondisi senada juga terjadi di Palestina. Dia mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan perdamaian di Palestina.
 
"Kita perlu bersatu. Bersuara keras mendesak PBB. Mendesak negara maju untuk bersikap adil serta mengakui kemerdekaan Palestina," tegas Gus Muhaimin.
 
Umat Muslim Indonesia juga diajak tak melupakan nasib etnis Rohingya di Myanmar dan etnis Uighur di Tiongkok. Dia meminta pemerintah Indonesia perlu mengambil peran lebih untuk menyelesaikan masalah ini.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif