Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto
Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto

Harlah ke-62 PMII, Ketua DPR Ajak Mahasiswa Membangun Peradaban

Nasional Soekarno DPR RI Organisasi Penggerak Mahasiswa
Juven Martua Sitompul • 18 April 2022 04:33
Jakarta: Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) genap berusia 62 tahun pada Minggu, 17 April 2022. Organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia itu diharap terus membawa kemajuan bagi Indonesia.
 
"PMII sebagai organisasi mahasiswa harus bisa terus bertransformasi untuk membangun peradaban," kata Ketua DPR Puan Maharani kepada wartawan, Jakarta, 18 April 2022.
 
PMII berdiri pada 17 April 1960 di sekolah Muamalat Nahdlatul Ulama (NU) Wonokromo, Surabaya. Berdirinya PMII disebut tak lepas dari peran Proklamator Soekarno (Bung Karno) yang meminta NU mendirikan organisasi mahasiswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan Presiden pertama RI itu turut hadir dalam muktamar I PMII pada 1961. Selanjutnya pada 2017, Puan yang merupakan cucu dari Bung Karno menghadiri Kongres XIX PMII di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).
 
Puan yang saat itu menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kongres. Puan senang PMII masih eksis sampai sekarang.
 
Baca: Korps Menwa Indonesia Didorong Ikut Mewujudkan Indonesia Emas 2045
 
Dia menegaskan peran kaum muda termasuk para mahasiswa dibutuhkan negara. Kaum muda bisa membawa negeri ini ke arah lebih baik.
 
"Oleh karena itu para mahasiswa tidak boleh hanya bersikap pasif tapi juga harus aktif berkontribusi dalam membantu membangun bangsa ini di berbagai bidang," ujar Puan.
 
Puan mengimbau mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMII terus berkontribusi menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia. Jangan sampai perbedaan yang ada justru membuat Indonesia terpecah belah.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif