Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan

Surya Paloh: Perbedaan Harus Menjadi Penguat Kebangsaan

Nasional surya paloh
MetroTV • 14 Agustus 2019 19:17
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan perbedaan harus bisa menjadi penguat kebangsaan. Sebagai bangsa, Indonesia harus menghormati dan mensyukuri nasionalisme.
 
"Yang perlu kita garisbawahi, kecintaan kita dalam arti kata kebangsaan dan nasionalisme. Tidak ada tempat untuk mengembangkan perbedaan menjadi perbedaan. Justru perbedaan menjadi satu kesatuan," kata Surya Paloh saat memberikan kuliah umum kebangsaan di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Ia mencontohkan bagaimana dulu Indonesia bisa bersatu tanpa melihat perbedaan. Di antaranya saat memberikan dukungan kepada Tan Joe Hok di ajang Thomas Cup pada 1958.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat itu, seluruh masyarakat Indonesia bersatu mendukung Tan Joe Hok yang mewakili Indonesia tanpa melihat ras dan asal usul sang pemain. Dalam partai puncak merebutkan Piala Thomas. Tan Joe Hok menghadapi Malaysia.
 
"Bedug-bedug di mesjid, lonceng-lonceng gereja, lilin semua dihidupkan. Seraya berdoa untuk kemenangan Tan Joe Hok. Tidak pernah melihat melihat ras darinya," ungkap dia.
 
Menurut dia, hal tersebut merupakan suasana kebatinan bangsa. Momen itu juga memberi aspirasi dan gambaran obsesi besar yang harus dimiliki generasi Indonesia mendatang.
 
"Untuk membawa bangsa ini harus berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan seluruh bangsa-bangsa yang ada di permukaan bumi ini." ucap dia. (Roslainy Putri Adam)
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif