Presiden Joko Widodo dalam pelantikan anggota DPR dan DPD masa jabatan 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019. Foto: MI/Susanto
Presiden Joko Widodo dalam pelantikan anggota DPR dan DPD masa jabatan 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019. Foto: MI/Susanto

Banyak Muka Baru di Kabinet Jokowi

Nasional Kabinet Jokowi kabinet kerja
Damar Iradat • 16 Oktober 2019 12:08
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut komposisi Kabinet Kerja jilid II banyak diisi muka baru. Kendati begitu, beberapa menteri pada periode pertama dipertahankan.
 
"Yang lama ada. Yang baru banyak," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Jokowi belum mau buka-bukaan siapa saja yang akan mengisi kursi menteri periode 2019-2024. Soal persentase berapa muka baru dan muka lama, Jokowi belum menghitungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia hanya memastikan susunan kabinet baru segera diumumkan. Kemungkinan besar, ia akan meluncurkan susunan Kabinet Kerja jilid II seusai dilantik, Minggu, 20 Oktober 2019.
 
"Ya secepatnya (diumumkan) setelah pelantikan," tutur dia.
 
Terkait nomenklatur kementerian, Jokowi mengaku juga sudah rampung disusun. Jokowi menyebut bakal ada nomenklatur baru dalam Kabinet Kerja selanjutnya.
 
Presiden Joko Widodo jauh-jauh hari bertekad membentuk kabinet efektif serta responsif terhadap tantangan perubahan global. Salah satu bentuknya, kabinet lebih banyak mengakomodasi kaum muda ketimbang Kabinet Kerja jilid I.
 
"Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id, Senin, 1 Juli 2019.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif