Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri). Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri). Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id

Keberadaan Maskapai Asing Membuat Harga Tiket Bersaing

Nasional bisnis maskapai Tarif Tiket Pesawat
Theofilus Ifan Sucipto • 01 Juni 2019 10:28
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik ide Presiden Joko Widodo untuk menghadirkan maskapai asing di Indonesia. Keberadaan maskapai asing disebut bisa membuat harga tiket semakin bersaing.
 
"Saya kira ide yang bagus dari Pak Jokowi," kata Budi di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Kementerian Perhubungan akan mempelajari lebih lanjut rencana tersebut. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk merealisasikan rencana tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya, terang Budi, maskapai asing tersebut harus memiliki perusahaan di Indonesia. Mayoritas kepemilikan perusahaannya pun harus dimiliki Indonesia sebesar 51 persen.
 
Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menyebut masuknya maskapai asing tidak berdampak pada regulasi yang ada. Perusahaan maskapai asing tinggal mengikuti aturan main di Indonesia. "Insyallah itu bisa dilaksanakan," pungkas dia.
 
Sebelumnya, Jokowi berencana mengundang maskapai asing berkantor di Indonesia. Dia menyebut regulasi yang telah ada memungkinkan hal itu terjadi.
 
Jika berhasil terlaksana, Kepala Negara berharap hal itu berdampak pada persaingan harga tiket. Jokowi menilai dinamika harga tiket pesawat di Indonesia terjadi lantaran kurangnya persaingan antarmaskapai.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif