Mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahean. Medcom.id/M Sholahaddin Azhar
Mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahean. Medcom.id/M Sholahaddin Azhar

Kongres Luar Biasa Demokrat Diyakini Terlaksana Jika Konflik Membesar

Nasional partai politik presiden sby politik partai demokrat tokoh politik kongres partai demokrat isu politik
Anggi Tondi Martaon • 02 Maret 2021 06:16
Jakarta: Konflik Partai Demokrat dinilai memasuki babak baru. Upaya Kongres Luar Biasa (KLB) yang digagas oleh pendiri partai dinilai bakal terlaksana.
 
"Konflik ini menurut saya akan membesar dan KLB akan terlaksana. Terlepas KLB itu memenuhi syarat secara faktual atau tidak," kata mantan kader Demokrat Ferdinand Hutahean kepada Medcom.id, Senin, 1 Maret 2021.
 
Dia menilai KLB kali ini bakal berdampak buruk terhadap Demokrat. Sebab, agenda pemilihan ketua umum (Ketum) ini dinilai memecah partai lambang bintang mercy itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menilai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat salah mengambil langkah merespons KLB ini. Seperti mengedepankan pendekatan kekuasaan untuk merespons gerakan tokoh senior dan pendiri Demokrat. Pemecatan kader yang dianggap mengupayakan KLB justru membuat sengkarut partai semakin runyam.
 
Akibatnya, suasana semakin gaduh setelah sejumlah kader dipecat. Tak heran, gerakan pelengseran Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketum Demokrat semakin besar dan menjadi konsumsi publik.
 
"Ini yang seharusnya tak terjadi andai respon DPP waktu itu terukur dan terkontrol, tidak kebablasan seperti ini," ungkap dia.
 
Baca: Partai Demokrat Diklaim Baik-baik Saja
 
Selain itu, dia heran dengan sikap kubu AHY yang kebakaran jenggot menyikapi upaya KLB tersebut. Jika merasa mendapatkan dukungan dari mayoritas pemilik suara, Ketum kelima Demokrat itu tak perlu resah dengan koar segelintir kader ingin menyelenggarakan KLB.
 
Dia menyebutkan, penyelenggaraan KLB tidak mudah. Setidaknya, kegiatan tersebut harus mendapat dukungan dari dua per tiga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan 50 persen dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC).
 
"Untuk apa khawatir jika memang dukungan solid? Bukankah gerakan KLB hanya tinggal isu dan gerakan kecil saja," ujar dia.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif