Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id

Dewan Percayakan Pemilihan Dewan Pengawas KPK ke Presiden

Nasional kpk
Arga sumantri • 28 November 2019 11:53
Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani tak masalah Presiden Joko Widodo menunjuk langsung anggota dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mekanisme itu sesuai aturan perundang-undangan.
 
"Memang pengawas itu memang dipilih Presiden, jadi kita percayakan kepada Presiden," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.
 
Puan percaya Jokowi tak sembarang menunjuk orang-orang yang bakal mengisi kursi dewan pengawas KPK. Publik diminta tak berpikir negatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau akan memilih orang-orang yang punya integritas dan nantinya memang bermanfaat dalam penegakan hukum," ujar dia.
 
Puan mengatakan undang-undang mengatur syarat menentukan dewan pengawas. Ia yakin Presiden juga akan berpijak pada ketentuan yang sudah diatur.
 
"Apa yang menjadi keputusan presiden tentu saja kita berilah kepercayaan presiden untuk berpikir dulu lah," ucap dia.
 
Jokowi akan menunjuk langsung calon anggota dewan pengawas KPK. Istana Kepresidenan memastikan calon anggota dewan pengawas bersih dari eks narapidana umum maupun korupsi. Kursi dewan pengawas bakal diduduki sosok berintegritas.
 
Pemerintah memegang prinsip Pasal 37 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Aturan itu menekankan anggota dewan pengawas tidak pernah dibui karena pidana dengan ancaman penjara paling singkat lima tahun.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif