PDIP dan Jokowi Kaji Kriteria Cawapres
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. ANT/Widodo S Jusuf
Jakarta: PDI Perjuangan dan Joko Widodo terus menggodok nama calon wakil presiden dalam Pilpres 2019. Sejumlah kriteria dari parpol dan Jokowi tengah dikaji untuk menetapkan pengganti Jusuf Kalla.

"Ya tentu saja namanya memilih pendamping pasangan untuk 2019 ada kriteria-kriterianya, seperti yang saya sampaikan juga, sekarang sedang dikaji. Tentu saja Pak Presiden punya kriteria, parpol juga punya kriteria dan masukan," kata politikus PDI Perjuangan Puan Maharani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018.

Puan menjelaskan, setiap partai dan Jokowi juga mempertimbangan banyak hal sebelum menentukan cawapres yang cocok dan bisa membawa bangsa Indonesia lebih baik. 


"Ini kan tujuan untuk masa depan bangsa ke depan, tentu saja diharapakn kepemimpinan presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024 akan lebih baik dari periode yang sekarang," ucap dia.

Dalam pengkajian ini, kata dia, pihaknya tidak berbicara orang per orang. Siapapun, lanjut dia, bisa mendampingi Jokowi selama bisa menjaga NKRI, termasuk Kalla.

"Ya Pak JK masuk dalam pengkajian itu, walau kita ketahui secara undang-undang, konstitusi memang ada batasan jabatan. Tapi kita lihat juga kemudian Pak JK masih berkenan, kita juga belum pernah tanya," kata dia.

Menurut dia, penentuan cawapres Jokowi bakal diumumkan selepas Idulfitri. Pasalnya, Agustus telah memasuki tahapan Pemilu 2019.

"Nanti akan muncul, enam bulan ke depan banyak kejutan yang terjadi," pungkas dia.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id