Amien Rais medeklarasikan kelahiran Partai Ummat. Dok. YouTube Amien Rais Official
Amien Rais medeklarasikan kelahiran Partai Ummat. Dok. YouTube Amien Rais Official

Amien Rais: Presidential Threshold 20% Hanya Melestarikan 6L

Fachri Audhia Hafiez • 13 Agustus 2022 01:27
Jakarta: Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais berharap ambang batas presiden (presidential threshold) yang saat ini 20 persen dapat menjadi nol persen. Dengan angka 20 persen, hanya melahirkan pemimpin yang telah berkompetisi pada pemilihan umum (pemilu) sebelumnya. 
 
"Gara-gara yang 20 persen (presidential) threshold itu memang seperti kata para pengamat akan melestarikan 6L itu. Lagi lagi lu lagi lagi lu," ujar Amien di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Ia menilai dengan ambang batas calon presiden nol persen akan memunculkan bibit yang luar biasa. Selain itu, berkaca pada Pilpres 2019, dengan angka 20 persen itu menyebabkan polarisasi yang begitu besar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, kata Amien, Partai Ummat belum terpikiran untuk mengajukan gugatan terhadap Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu untuk menghapus ketentuan presidential threshold 20 persen. "Nanti-nanti kita (Partai Ummat) kan belum sah mesti harus diverifikasi dulu," jelas dia.
 

Baca: Targetkan 3 Besar Parlemen, Partai Ummat Bakal Manfaatkan Loyalis Amien Rais


Amien menyebut partainya akan menyadarkan anak bangsa bahwa negara yang tidak dikelola secara benar mampu melakukan kezaliman. Sebab, sebuah negara memiliki aparat militer, kepolisian, sistem birokrasi, uang, dan lain-lain.
 
"Kita tidak akan menyalahkan siapa pun. Sekarang kita melihat ke depan ya. Yang sudah ya sudahlah gitu. Kita enggak mencari musuh lagi," jelas dia.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif