Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Peringatkan Ekspor dan Investasi 2023 Bakal Sulit

Andhika Prasetyo • 30 November 2022 15:09
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi upaya meningkatkan nilai ekspor dan menggaet investasi pada tahun depan tidak semudah tahun ini. Pasalnya, banyak negara diproyeksikan mengalami resesi pada 2023.
 
Negara-negara tujuan ekspor sekaligus penyumbang investasi utama seperti Tiongkok dan Amerika Serikat masih dilanda berbagai persoalan. Saat ini, Negeri Tirai Bambu masih harus berperang melawan ganasnya penyebaran covid-19.
 
"Ini akan menjadi persoalan karena ekspor kita ke sana gede banget," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Negeri Paman Sam, masalah timbul dari aspek inflasi. The Fed terus mengerek naik suku bunga acuan yang secara otomatis akan mengerem pertumbuhan.
 

Baca: Jokowi: Pemimpin Dunia Pusing Pikirkan Ketidakpastian Global


"Artinya ekonomi pasti akan melemah. Pelemahan ekonomi pasti. Resesinya kapan? tinggal ditunggu saja. Kita tunggu saja, tapi pelemahan ekonomi pasti," jelas Jokowi.
 
Tahun lalu, pemerintah bisa mencapai target investasi yang dicanangkan yakni Rp900 triliun. Tahun ini, bidikan yang ditetapkan yakni Rp1.200 triliun sudah terealisasi.
 
"Menarik investasi di tahun depan tidak akan semudah seperti 2021 dan 2022. Tahun depan target Rp1.400 triliun itu bukan angka yang kecil. Itu akan sulit karena semua negara berebut investasi," tuturnya.
 
Kepala Negara mengatakan dua motor pertumbuhan ekonomi yang berkaitan dengan luar negeri masih penuh dengan ketidakpastian. Sehingga, dia mendorong seluruh menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah mengoptimalkan konsumsi dalam negeri dan menjaga pasokan.
 
"Pasokan pangan, pasokan energi, harus betul-betul kita jaga agar konsumsi rumah tangga tetap tumbuh dengan baik sehingga growth kita akan sesuai dengan target yang telah kita buat," tandas Jokowi.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif