La Nyala Mattaliti terpilih sebagai Ketua DPD periode 2019-2024 - Medcom.id/Anggi Tondi Martaon.
La Nyala Mattaliti terpilih sebagai Ketua DPD periode 2019-2024 - Medcom.id/Anggi Tondi Martaon.

La Nyala Mattaliti Jadi Ketua DPD 2019-2024

Nasional Pelantikan Anggota DPR dpd ri
Anggi Tondi Martaon • 01 Oktober 2019 23:49
Jakarta: La Nyala Mattaliti terpilih sebagai Ketua DPD periode 2019-2024. Hasil pemungutan suara atau voting, La Nyalla menang tipis dari Nono Sampono yakni 7 suara.
 
Pemungutan suara yang dimulai sekitar jam 22.03 WIB berjalan cukup lancar. Sebanyak 134 anggota selesai melakukan pencoblosan dalam waktu kurang lebih 30 menit.
 
Sebelum penghitungan suara dimulai, ada pihak memprotes karena jumlah kertas suara lebih dua dari jumlah kehadiran anggota yang didata oleh Kesekretariatan Jenderal (Kesekjenan) DPD. Jumlah suara sebanyak 134 anggota sedangkan menurut perhitungan absen sebelum rapat paripurna jumlah anggota yang hadir hanya 132.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, permasalahan tersebut dapat diterima setelah dua anggota yang hadir terlambat memberikan keterangan terkait keterlambatannya menghadiri rapat paripurna. Persaingan sengit terjadi antara Nono Sampono dengan La Nyala Mattaliti.
 
Setelah melewati proses penghitungan sengit, La Nyala akhirnya ditetapkan sebagai pemenang. Kemenangan itu disambut dengan dengan meriah oleh seluruh anggota DPD dan simpatisan La Nyala yang memadati ruang rapat paripurna DPD. Bahkan, kemenangan La Nyala disambut dengan shalawat yang dilantunkan oleh beberapa anggota DPD.
 
La Nyala pun melakukan selebrasi kemenangan dengan berjalan ke depan ruang sidang dan menyalami anggota DPD. Sementara, calon Ketua DPD yang lain datang menghampiri La Nyala di depan ruangan sidang.
 
Melihat kondisi tersebut, Pimpinan rapat paripurna DPD Jialyka Maharanidi pun meminta anggota DPD untuk kembali ke tempat duduk masing-masing. Setelah itu, dia pun mengumumkan perolehan suara masing-masing calon.
 
Berikut perolehan suara pemilihan suara Ketua DPD, yaitu,
 
Mahyudin: 28 suara
 
Nono Sampono: 40 suara
 
Sultan Bachtiar Najamudin: 18 suara
 
La Nyala Mattaliti: 47
 
"Sementara satu suara abstain," kata Jialyka yang diikuti suara ketuk palu hasil pemungutan suara sebanyak 3 kali yang dilakukan oleh pimpinan Rapat Paripurna lain, Sabam Sirait.
 
Jialyka menutup rapat pemilihan Ketua DPD. Dalam waktu dekat akan diagendakan rapat paripuna dengan agenda pelantikan pimpinan DPD.
 
"Setelah agenda kali ini, akan diagendakan sidang lanjutan dengan agenda serah terima jabatan, pidato ketua DPD terpilih," ujar dia yang diikuti ketuk palu penutupan rapat paripurna.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif