Presiden Joko Widodo berfoto bersama saat membuka peringatan HUT ke-55 Partai Golkar. Foto: Antara/M Risyal Hidayat.
Presiden Joko Widodo berfoto bersama saat membuka peringatan HUT ke-55 Partai Golkar. Foto: Antara/M Risyal Hidayat.

Jokowi Ogah Campuri Urusan Internal Golkar

Nasional partai golkar golkar hut golkar
Damar Iradat • 10 November 2019 10:27
Jakarta: Presiden Joko Widodo enggan mencampuri urusan internal Partai Golkar. Ia meyakini, Golkar mampu mengurus sendiri permasalahan yang terjadi di dalam internal partai.
 
"Itu adalah urusan internal," kata Jokowi di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, Minggu, 10 November 2019.
 
Dalam Hari Ulang Tahun ke-55 Partai Golkar beberapa hari lalu, Jokowi sempat memuji Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Namun begitu, pujian Jokowi kepada Airlangga lebih kepada kinerjanya sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Airlangga sebelumnya diketahui bakal maju kembali dalam bursa calon ketua umum Partai Golkar. Airlangga bakal bersaing dengan politikus Golkar lainnya, Bambang Soesatyo.
 
Kendati demikian, menurut Jokowi, pujian kepada Airlangga adalah hal wajar. Pujiannya juga tak berarti ia mendukung Airlangga dalam pencalonan ketua umum partai berlambang pohon beringin itu.
 
"Masa enggak boleh nyebut nama. Pak Airlangga memang ketua, saya sebut top, kan boleh," ujar Jokowi.
 
Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman dalam kesempatan yang sama juga membantah jika Jokowi mendukung Airlangga sebagai calon ketua umun Golkar. Menurut dia, Jokowi memuji Golkar sebagai kesatuan partai.
 
"Beliau hanya menyebutkan bahwa Golkar adalah salah satu tulang punggung di dalam koalisi pemerintahan Pak Jokowi-Ma'ruf," kata Fadjroel.
 
Fadjroel juga memastikan jika sikap Jokowi terkait bursa ketua umum Golkar tetap netral. "Presiden mengatakan bahwa itu adalah urusan internal dari Partai Golkar," jelas dia.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif