ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

Pemerintah Diminta Memberikan Subsidi ke Sektor Industri Hingga UMKM

Cahya Mulyana • 07 Juli 2021 10:05
Jakarta: Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Luqman Hakim meminta pemerintah memberikan stimulus untuk sektor industri hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurutnya, ini salah satu cara agar mereka patuh terhadap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. 
 
"Saya meminta pemerintah segera memberi penjelasan mengenai subsidi atau stimulus yang sudah disiapkan kepada dunia usaha untuk meringankan beban perusahaan pada saat mereka menjalankan kebijakan work from home (WFH)," kata Lukman dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Rabu, 7 Juli 2021.
 
Ia menyampaikan bila masalah stimulus sektor industri tidak diperjelas mereka akan nekat melanggar PPKM darurat. Ia menilai buruh akan menjadi korban dalam kebijakan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: PPKM Darurat Berjalan, Pengusaha Hotel dan Restoran Minta Tambahan Subsidi
 
"Kaum buruh yang akan menjadi korban, baik secara ekonomi maupun kesehatan," ujar Lukman. 
 
Ia khawatir bila stimulus tidak diberikan akan terjadi pemecatan besar-besaran. Lukman meminta kepala daerah di Jawa dan Bali segera berkordinasi bersama sektor industri hingga UMKM di daerahnya.
 
Para pelaku usaha harus diyakinkan agar kesadaran berbagi beban atas situasi pandemi covid-19 terbangun. Pelaku usaha tidak boleh egois hanya mengejar keuntungannya sendiri tanpa peduli keselamatan karyawannya.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif