Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Paviliun Indonesia, World Expo Dubai 2020. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Paviliun Indonesia, World Expo Dubai 2020. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Jurus Menperin Tekan Impor Gula

Theofilus Ifan Sucipto • 03 November 2021 06:13
Dubai: Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita ingin impor gula dikurangi. Sejumlah strategi telah disusun guna mewujudkan target tersebut.
 
"Kita harus mencari cara untuk bisa menekan impor gula," kata Agus di Paviliun Indonesia, World Expo Dubai 2020, Dubai, UEA, Selasa, 2 November 2021.
 
Agus mengatakan cara pertama, yakni menyiapkan kebun tebu. Cara kedua ialah mendorong digitalisasi dan industri 4.0 dalam industri gula.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bukan hanya industri gula yang kita dorong menerapkan 4.0. (Sektor) otomotif relatif sangat baik dalam mengimplementasikan 4.0," papar dia.
 
Selain itu, Agus tengah menjajaki kerja sama dengan pabrik lokal di Dubai Al Khaleej Sugar Co. Dia menyebut pabrik tersebut yang terbesar di Dubai.
 
"Kita sudah menyiapkan calon local partner di Indonesia tapi tidak perlu disclose di sini karena (pembahasan) masih on going," tutur dia.
 
Agus dan Al Khaleej Sugar Co bakal bertemu besok, Rabu, 3 November 2021. Mereka bakal membahas berbagai problem yang dialami kedua pihak maupun calon partner lokal di Indonesia.
 
"Insyaallah kalau dia (Al Khaleej Sugar Co datang, (impor) bisa dikurangi," ucap dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif