Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. Istimewa
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. Istimewa

Pembentukan Koalisi Akan Sulit Jika Ada Pihak Mematok Syarat

Anggi Tondi Martaon • 24 Januari 2023 13:16

Jakarta: Partai NasDem menyebut upaya pembentukan Koalisi Perubahan sangat berat. Pasalnya, ada pihak mematok syarat dalam proses penjajakan.

"Ada partai politik yang menyatakan sikapnya tentang Anies dengan kadernya, bahkan dibuat penegasan kalau bukan AHY (Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono) wakil (calon wakil presiden/cawapres), itu Koalisi Perubahan tidak terjadi. Artinya kalau dia seperti itu kita tidak bisa berdiskusi lagi," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali saat dihubungi, Selasa, 24 Januari 2023.

Sikap tersebut cukup disayangkan. Padahal, sedari awal ketiga partai sepakat tidak bicara soal cawapres terlebih dahulu. 

"Artinya kalau itu jadi keputusan mutlak, ya itu namanya mengunci padahal sejak awal kita tidak bicara itu," ungkap dia.

Baca Juga: Demokrat: Kesepakatan Koalisi Perubahan Semakin Dekat

Meskipun cukup kompleks, Ali menyampaikan proses komunikasi antara NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih berjalan. Tapi, NasDem berpandangan tidak boleh ada pihak yang memaksakan kehendak dalam pembangunan kolaisi.

"Gitu saja kalau NasDem melihat yang terjaid hari ini. Saya pikir NasDem, PKS, Demokrat masih berkomunikasi," ujar dia.


 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif