Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Survei SMRC, Ini Lima Tokoh Pilpres 2024 yang Paling Disukai

Nasional pemilu partai politik politik survei Pilpres
Anggi Tondi Martaon • 15 Juni 2021 22:05
Jakarta: Sejumlah tokoh masuk radar survei terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) membeberkan lima sosok yang paling disukai responden.
 
"Prabowo (Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto), Ganjar (Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo), Anies (Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan), RK (Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil), kemudian ada Sandiaga (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno), ada Bu Risma (Menteri Sosial, Tri Rismaharini) juga. Selalu di lima besar," kata Peneliti SMRC Sirodjudin Abbas saat dihubungi, Selasa, 15 Juni 2021.
 
Sirodjudin menyoroti sosok Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. Gubernur Jawa Barat itu menarik perhatian responden pada kurun waktu Maret-Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam survei serupa pada Maret 2021, sebanyak 85 persen responden menyatakan suka pada sosok Ridwan Kamil. Sementara itu, pada Mei 2021, ada 87 persen responden yang menyukai Ridwan Kamil.
 
Dia mengatakan tingkat ketertarikan responden pada Ridwan Kamil bisa menjadi modal penting mendongkrak elektabilitas. Sebab, kemungkinan besar pemilih bakal memilih tokoh yang disukai.
 
Baca: Partai Pendukung Jokowi Berpeluang Besar Dukung Ganjar
 
Di sisi lain, Sirodjudin menyebut minat responden pada Kang Emil tak dipengaruhi pertemuan dengan sejumlah pihal. Misalnya saat Kang Emil bertemu Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.
 
Sebab, hal tersebut berdampak pada popularitas. "Saya kira tidak ada urusan untuk kesukaan. Kalau popularitas mungkin, karena pertemuan seperti ini membuka pintu untuk diperhatikan orang-orang yang mengenal pihak lain," kata dia.
 
Pada survei SMRC terkait Pilpres 2024, Prabowo Subianto unggul dalam simulasi 15 nama calon presiden dengan 24,4 persen. Kemudian, Ganjar (15,7 persen), Anies (14,3 persen), Sandiaga Uno (7,9 persen), Ridwan Kamil (5,3 persen).
 
Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1220. Margin of error survei di angka +- 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data di lapangan dilakukan pada 21-28 Mei 2021.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif