Ilustrasi media sosial. Medcom.di/M Rizal.
Ilustrasi media sosial. Medcom.di/M Rizal.

43% Masyarakat Mencari Tentang Keberadaan Tuhan di Internet

Nasional keagamaan
M Sholahadhin Azhar • 13 November 2019 16:49
Bogor: Menteri Agama Fachrul Razi menyoroti penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Ia menyebut masyarakat sering belajar agama dari media sosial.
 
"Dengan mengutip indeks desiminasi media sosial yang diterbitkan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) tahun 2019, diperoleh angka indeks sebesar 39,89, indeks tertingginya 100, 9,89 orang Indonesia yang menggunakan medsos mencari dan menyebarkan konten tentang agama," kata Fachrul Razi saat mengisi materi Rapat Kerja Nasional Indonesia Maju di Sentul, Bogor, Rabu, 14 November 2019.
 
Fachrul menegaskan, data itu menyebut sebanyak 43,91 persen masyarakat mencari tentang keberadaan Tuhan di internet. Termasuk  pencarian sifat-sifat Tuhan 40,31, kuasa Tuhan 40,31 persen, dan kisah hidup orang-orang suci sebanyak 36,72 persen. Menurut dia, indeks ini memberi gambaran minat masyarakat terkait informasi agama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Wakil Panglima TNI itu melihat hampir separuh dari 260 juta jiwa masyarakat Indonesia gemar belajar agama di internet. Pemerintah harus serius memerhatikan masalah ini. Salah satunya merumuskan pelajaran agama yang cocok bagi masyarakat. Pelajaran agama itu harus sesuai syariat dan cocok bagi milenial yang sering mengakses media sosial.
 
"Terutama komunikasi kepada generasi milenial yang lebih rentan terhadap ideologi radikalisme, agar mereka terhindar dari kegagapan menghadapi era disrupsi dan membangun gerakan kebudayaan untuk memperkuat akal sehat kolektif," kata Fachrul.
 
Kemenag akan menerjemahkan ajaran-ajaran pemuka agama menjadi materi dasar. Selanjutnya hal itu akan diolah agar cocok bagi generasi muda, termasuk dalam menyebarkan pelajaran itu ke media sosial.
 
"Insyaallah dengan keimanan dan akal sehatnya, mereka akan memilih yang terbaik itu," kata Fachrul.
 
 
(DRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif