Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. ANTARA/Hafidz Mubarak
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. ANTARA/Hafidz Mubarak

Menkumham Harus Tindak Anak Buah Lalai soal Pelarian Cai Changpan

Nasional tahanan tewas kasus narkoba tahanan kabur kemenkumham
Anggi Tondi Martaon • 17 Oktober 2020 18:21
Jakarta: Terpidana mati kasus narkotika Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Tangerang Banten tewas bunuh diri di kawasan Hutan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun, investigasi kasus kaburnya Cai Changpan jalan di tempat.
 
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly diminta bersikap tegas terhadap Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga. Dirjen PAS yang mengelola lapas se-Indonesia itu harus bertanggung jawab atas kasus pelarian tahanan.
 
"Dirjen PAS juga harus diberi peringatan, karena sampai satu bulan ini tidak ada perkembangan. Harusnya mengundurkan diri," kata Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus dalam keterangan tertulis, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya Reinhard, Yasonna juga diminta tegas terhadap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Banten Andika Dwi Prasetya. Sikap tegas ini bentuk pembelajaran bagi pejabat lain di lingkungan Kemenkumham.
 
"Jadi harus dicopot semua supaya tidak terulang kembali, apalagi masalah ini sudah berulang-ulang terjadi dan hanya mengorbankan pegawai-pegawai kecil saja," ungkap dia.
 
Baca: Cai Changpan Tewas Gantung Diri di Hutan Jasinga Bogor
 
Dia menyarankan pemerintah membuat lelang jabatan untuk mengisi kabatan Dirjen PAS Kemenkumhan dengan orang yang tepat. Sehingga tata kelola lembaga pemasyarakan dan rumah tahanan dapat berjalan dengan baik.
 
"Mulai dari TNI hingga Polri bisa mendudukinya. Pasti ada pembenahan lapas," sebut dia.
 
Beredar kabar, nama Tejo Harwanto diisukan akan mengisi jabatan Kakanwil Banten untuk menggantikan Andika Dwi Prakasa. Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen PAS itu dinilai berkompetensi mengisi jabatan yang saat dipegang oleh Andika.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif