Anggota DPR Fraksi NasDem Nyat--Metrotvnews.com/M Rodhi Aulia
Anggota DPR Fraksi NasDem Nyat--Metrotvnews.com/M Rodhi Aulia

Sultan Mahmud Riayat Syah Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Nasional pahlawan
M Rodhi Aulia • 15 Juni 2017 16:10
medcom.id, Jakarta: Pemerintah diminta menganugerahkan gelar pahlawan nasional untuk Sultan Mahmud Riayat Syah. Sosok Sultan dari Lingga, Kepulauan Riau ini dinilai layak dijadikan pahlawan nasional.
 
"Ini orang-orang yang bergerak pertahankan wilayah maritim kita. Harapan kita jangan ragu-ragu berikan gelar pahlawan," kata anggota DPR Fraksi NasDem Nyat dalam diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.
 
Ketua Lembaga Adat Melayu Kota Batam, Kepulauan Riau ini menjelaskan Sultan Mahmud merupakan sang gerilyawan laut. Menurut Nyat, tidak banyak orang yang bisa melawan dan mengusir penjajah. "Ada pejuang yang peduli memperjuangkan setiap jengkal tanah, air dan laut Nusantara saat itu," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sultan Mahmud juga tokoh yang peduli dengan keberagaman. Berbagai suku di antaranya Bugis, Flores, Jawa dan Melayu dapat bersatu di bawah kepemimpinan Sultan.
 
"Yang menarik bagi NasDem karena beliau telah memperjuangkan NKRI atau Nusantara saat itu, dan Bhineka Tunggal Ika dari dulu," ucap dia.
 
Nyat mengaku pihaknya sempat mengajukan Sultan Mahmud ke Kementerian Sosial pada 2013. Namun pihak pengaju diminta melengkapi berkas.
 
"Sekarang dokumennya sangat lengkap. Makanya saya berharap inilah saatnya pemerintah menghargai pahlawan yang berjuang pada masa lalu," beber dia.
 
Kepala Dinas Kebudayaan Lingga, Muhammad Ishak, telah menempuh prosedur yang berlaku. "Per 20 Mei 2017 semua dokumen sudah masuk ke Kementerian Sosial," kata Ishak dalam kesempatan yang sama.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif