Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Jokowi Bawa 'Oleh-oleh' Sepulang dari AS

MetroTV • 18 Mei 2022 09:43
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengakhiri rangkaian kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) yang dilaksanakan pada 11-13 Mei 2022. Tujuan utama lawatan tersebut ialah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN. KTT AS-ASEAN dihadiri oleh seluruh pemimpin negara ASEAN.
 
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan terdapat beberapa hasil atau ‘oleh-oleh’ yang menarik dari pertemuan tersebut. Pertama, adanya kesepakatan prinsip antara ASEAN dan AS untuk meningkatkan kemitraan. Kesepakatan yang tadinya berstatus kerja sama strategis (strategic partnership) berubah menjadi kerja sama strategis dan komprehensif (strategic comprehensive partnership).
 
"AS telah memutuskan untuk menunjuk Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN yang sudah kosong selama empat tahun belakangan ini,” ujar Retno dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 18 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, komitmen kerja sama antara AS dan ASEAN di berbagai bidang. Termasuk di antaranya kesehatan, transisi energi, lingkungan hidup, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).
 
Baca: Menlu Retno Ungkap Isi Pernyataan Gabungan dari KTT ASEAN-AS
 
Di samping menghadiri KTT AS-ASEAN, Presiden juga melakukan sejumlah kunjungan, baik secara bilateral maupun dalam konteks ASEAN. Salah satu contoh kunjungan kerja sama bilateral yaitu pertemuan Jokowi dengan Chairman sekaligus CEO Air Products Seifi Ghasemi. Dalam konteks ASEAN, orang nomor satu di Indonesia ini melakukan pertemuan dengan para pebisnis di KTT AS-ASEAN. (Hana Nushratu)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif