Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat membuka Kongres V PDI Perjuangan di Bali, Kamis, 8 Agustus 2019. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat membuka Kongres V PDI Perjuangan di Bali, Kamis, 8 Agustus 2019. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Megawati Ingin Kursi Terbanyak di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Nasional kabinet jokowi
M Sholahadhin Azhar • 08 Agustus 2019 14:45
Bali: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyinggung pembagian kursi menteri di kabinet Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Megawati ingin PDI Perjuangan mendapatkan kursi terbanyak.
 
"Ini di kongres partai, Bapak Presiden saya minta dengan hormat bahwa PDI Perjuangan masuk ke kabinet dengan jumlah menteri yang harus terbanyak. Itu namanya baru pukulan jab," kata Megawati sembari tersenyum di Grand Inna Beach Hotel, Sanur, Bali, Kamis, 8 Agustus 2019.
 
Pernyataan Megawati mengundang riuh kader yang berkumpul di dalam ruangan. Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf tersenyum melihat tingkah Megawati. Para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja juga tak kuasa menahan senyum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Megawati tak puas PDI Perjuangan mendominasi parlemen. Ia berkelakar tak mau jika PDI Perjuangan hanya diberikan empat kursi di kabinet. Megawati bahkan menyindir sejumlah partai politik nonparlemen yang meminta jatah kepada Jokowi-Ma'ruf.
 
"Saya cuma dikasih empat, ya emoh! Tidak mau, orang yang enggak dapat aja minta," kata Megawati disambut tawa hadirin.
 
Baca: Surya Paloh Hingga Airlangga Menghadiri Kongres PDI Perjuangan
 
Putri Bung Karno itu menegaskan PDI Perjuangan telah melewati dua periode sebagai oposisi. Ia mengenang posisi partai berlambang banteng itu saat pemerintahan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.
 
"Meski tadinya anak-anak (kader) menggerutu, au au au. Saya bilang, kalau elu mau jadi menteri, keluar dari PDI Perjuangan," ujar Megawati.
 
Megawati membuka Kongres V PDI Perjuangan yang diselenggarakan diGrand Inna Beach Hotel, Sanur, Bali, Kamis, 8 Agustus 2019. Megawati didampingi Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin memukul alat musik tradisional sebagai simbol pembukaan kongres.
 
Dalam acara itu juga hadir Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan sejumlah elite partai politik Koalisi Indonesia Kerja.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif