Ketua PP ISNU Ali Masykur Musa. (Foto: Medcom.id/Edwin)
Ketua PP ISNU Ali Masykur Musa. (Foto: Medcom.id/Edwin)

PP ISNU Tak Masalah NU Tak Masuk Pemerintahan

Nasional nahdlatul ulama pilpres 2019
Meilikhah • 28 Juni 2019 14:12
Jakarta: Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PP ISNU) tak masalah jika tidak ada tokoh NU yang masuk kabinet kerja Jokowi-Ma'ruf Amin. Asalkan, Pancasila tegak sebagai ideologi bangsa.
 
"NU enggak berkuasa, enggak apa-apa. Selama akidah ahlussunah wal jamaah dan ideologi Pancasila tegak," ujar Ketua PP ISNU Ali Masykur Musa saat bertandang ke Medcom.id, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.
 
Kendati tak masalah, Ali berkelakar pemerintah akan menghadapi konsekuensi buruk jika tak menyertakan unsur NU di pemerintahan. Misalnya, pemerintah tidak akan optimal menangkal isu-isu radikalisme atau pertentangan ideologi melawan Pancasila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi mana mungkin ahlussunah wal jamaah dan ideologi Pancasila tegak kalau NU tidak kolaborasi dengan penguasa," katanya.
 
Baca juga:PPP Kurang Sreg Jika NU Dapat Posisi Menteri
 
Salah satu contoh keterlibatan NU menjaga ideologi Pancasila tetap kokoh, kata Ali, adalah turut serta dalam seleksi penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diinisiasi pemerintah. Setiap calon penerima beasiswa akan ditelusuri latar belakang ideologi keagamaannya oleh tokoh NU yang ditunjuk.
 
Contoh lain, lanjut Ali, saat sejumlah universitas di Indonesia mengadakan penerimaan mahasiswa baru. NU melakukan deradikalisasi bersama lembaga pemerintah untuk menyaring paham-paham radikal calon-calon intelektual bangsa.
 
"ISNU diminta mempersiapkan anak-anak muda, khususnya NU (nahdiyin) dalam memegang teguh akidah ahlussunah wal jamaah. NU bergandengan dengan penguasa 'perahu' enggak oleng. Jadi, penting (NU) berkolaborasi dengan penguasa," pungkas Ali.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif