Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Golkar Diminta Fokus Pileg Ketimbang Calonkan Airlangga Presiden

Nasional munas golkar
Arga sumantri • 04 Desember 2019 22:11
Jakarta: Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung menyarankan partai fokus memenangkan pemilihan legislatif (pileg) ketimbang pemilihan presiden (pilpres) di Pemilu 2024. Ini merespons ramainya suara kader Golkar yang ingin Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto maju pada Pilpres 2024.
 
"Menurut saya, yang jadi prioritas tugas utama kita ke depan adalah menaikkan perolehan suara Golkar dan kemudian syukur-syukur kita kembali jadi pemenang," kata Akbar di sela Musyawarah Nasional (Munas) X Golkar, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Akbar mengatakan bila menjadi pemenang pileg, Golkar lebih leluasa bermanuver menetapkan calon presiden. Ia mengingatkan tren suara Golkar terus menurun dalam dua pemilu terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pikir lebih baik kita menaikkan suara dan sekaligus memenangkan sebagai pemenang," tutur dia.
 
Akbar menuturkan terlalu dini bagi Golkar membahas pencalonan presiden. Para kader diajak fokus membenahi partai dan menargetkan berjaya di Pemilu 2024.
 
"Muaranya 2024, jadikan kembali Golkar sebagai pemenang. Setelah itu kita duduk lagi mengatur strategi hadapi agenda politik berikutnya, termasuk pilpres," ujar dia.
 
Akbar mengatakan Golkar punya pengalaman tak enak ketika lebih fokus memenangkan pemilihan presiden. Golkar pernah mengupayakan Aburizal Bakrie (Ical) sebagai capres pada 2014. Namun, akhirnya harus mengusung Prabowo Subianto-Hatta Radjasa dan kalah dari Joko Widodo-Jusuf Kalla.
 
"Kita mencalonkan Pak Aburizal Bakrie sebagai presiden tetapi perolehan suara kita turun. Itu mejadi enggak fokus sama agenda utama kita," papar dia.
 
Akbar menambahkan Golkar pernah menjadi partai pemenang pileg setelah lepas dari Orde Baru. Tepatnya, pada 2004. "Sehingga fokus kita di situ saja (pileg)," tutur dia.
 
Suara yang ingin Ketum Golkar Airlangga Hartarto maju menjadi calon presiden mengemuka dalam forum Munas X Partai Golkar. Para kader menilai sudah waktunya Golkar mengusung kader sendiri sebagai calon presiden pada 2024.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif