Bambang Soesatyo membantah adanya intervensi Istana di Munas Golkar. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.
Bambang Soesatyo membantah adanya intervensi Istana di Munas Golkar. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.

Bamsoet Bantah Ada Intervensi Istana di Munas Golkar

Nasional munas golkar
Whisnu Mardiansyah • 03 Desember 2019 23:21
Jakarta: Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) membantah ada intervensi Istana terkait pengunduran dirinya dari bursa calon ketua umum (caketum). Bamsoet memutuskan mundur pada Musyawarah Nasional (Munas) ke-X Partai Golkar.
 
"Enggak ada, enggak ada (intervensi Istana)," tegas Bamsoet usai acara pembukaan Munas X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Keputusan mundurnya Bamsoet usai adanya pertemuan dengan tokoh senior Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan dan petahana caketum Golkar Airlangga Hartarto sore tadi. Beberapa tokoh senior Golkar lainnya seperti Aburizal Bakrie, Akbar Tanjung, dan Agung Laksono pun meminta dirinya mundur dari pencalonan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau di Golkar itu begitu para senior turun dan dewan pembina turun ya untuk merangkul adik-adiknya, menjelaskan (adik-adiknya), itulah cara-cari kami menyelesaikan masalah internal kami," ucap Bamsoet.
 
Bamsoet memilih rekonsiliasi dengan Airlangga Hartarto. Ia pun mengklaim loyalis-loyalisnya sepakat untuk bersatu kembali membangun Partai Golkar.
 
"Kami sudah sepakat dua gerbong ini akan disatukan. Jadi semangat rekonsiliasi inilah yang kemudian mendorong kita berdua untuk melakukan rekonsiliasi," pungkasnya.
 
Bamsoet mundur sebagai caketum Golkar. Keputusan ini diambil setelah Bamsoet menerima masukan dan saran tokoh senior Golkar.
 
"Dengan semangat rekonsiliasi yang telah disepakati bersama, demi menjaga soliditas dan keutuhan partai Golkar, maka saya pada sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat ketua umum Partai Golkar untuk periode 2019-2024," kata Bamsoet di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif