Ilustrasi Rapat Paripurna DPR. (Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Ilustrasi Rapat Paripurna DPR. (Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Sah, Menikah Minimal Berusia 19 Tahun

Nasional uu perkawinan
Fachri Audhia Hafiez • 16 September 2019 17:50
Jakarta: DPR mengesahkan revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan untuk menjadi UU. Salah satu perubahan dalam UU tersebut ialah batas minimal usia perkawinan.
 
"Kami ucapkan terima kasih yang telah memberikan laporannya tentang perubahan UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, kami akan menanyakan ke seluruh fraksi apakah revisi UU Perkawinan dapat disetujui?" tanya pimpinan rapat paripurna, Fahri Hamzah di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 16 September 2019.
 
"Setuju," jawab serentak peserta rapat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Baleg DPR, Totok Daryanto, menjelaskan beberapa yang disepakati dalam revisi UU Perkawinan. Di antaranya, perubahan pada Pasal 7, yang mengatur usia boleh kawin untuk laki-laki dan perempuan minimal 19 tahun.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait KemenPPA, Kemenag, Sekjen DPR, Badan Legislasi, sehingga pembahasan revisi UU Nomor 1 Tahun 1974 dapat diselesaikan," ujar Toto.
 
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengapresiasi pengesahan UU tersebut. Ini membuktikan negara hadir untuk generasi masa depan Indonesia.
 
"Pengesahan ini akan membuktikan bahwa negara terus melindungi 80 juta anak Indonesia demi generasi emas di masa depan. Kami mengucapkan terimakasih," ujar Yohana.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif